Produk Mamin Indonesia Laris Manis di Malaysia

Husen Miftahudin    •    04 Mei 2015 11:31 WIB
perdagangan
Produk Mamin Indonesia Laris Manis di Malaysia
Ilustrasi Industri Mamin - FOTO ANTARA/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus membuka lapak perdagangan di seluruh dunia untuk menggenjot ekspor. Kali ini, Kemendag membuka lapak di Pameran Experience Remarkable Indonesia (ERI) 2015 di Kuala Lumpur, Malaysia.
 
Duta Besar RI di Malaysia Marsekal Herman Prayitno menegaskan, pangsa pasar produk makanan dan minuman (mamin) diharapkan terus tumbuh di Malaysia. Hal ini karena produk-produk mamin Indonesia cukup digemari oleh masyarakat negeri Jiran tersebut.
 
"Saya berharap pangsa pasar produk makanan dan minuman akan terus tumbuh semakin besar," kata Herman, saat pembukaan Pameran Experience Remarkable Indonesia (ERI) 2015, seperti yang tertera dalam keterangan tertulis Kemendag, Senin (4/5/2015).
 
Harapan Herman Prayitno langsung terwujud, produk makanan Indonesia banyak diserbu pengunjung. Menurut catatan Atase Perdagangan Indonesia di Kuala Lumpur, Fajarini Puntodewi, selama pameran, produk mi instan paling banyak dibeli pengunjung. Kemudian disusul oleh kopi Kapal Api yang meluncurkan produk barunya Java Latte KAW, air kelapa Karta, dan kacang Mayasi.
 
"Dengan nilai penjualan ritel rata-rata yang cukup besar, acara ini menjadi media yang sangat menarik untuk membangun brand awareness atas produk Indonesia bagi konsumen Malaysia dan internasional," tegas dia.
 
Menurut Fajarini, pameran yang terselenggara akibat kerja sama antara Atase Perdagangan Indonesia di Kuala Lumpur bersama KBRI Malaysia tersebut harus terus dilakukan sebagai upaya branding produk yang sudah established, sekaligus tes pasar bagi produk-produk dan merek baru yang belum dikenal konsumen.
 
Produk-produk makanan yang tampil pada ERI 2015 adalah santan Kara, air kelapa Karta, biskuit Deka, kopi Kapal Api, Teh Botol Sosro, kacang Mayasi, mi instan Indomie, Supermi, dan Mie Sedap, serta minuman energi Hemaviton. Selain makanan, produk lain yang ditampilkan pada ERI 2015 adalah kosmetik, produk spa, produk garmen, tas kulit, jas hujan, dan produk jasa penerbangan Garuda Indonesia Airways.
 
"Melihat respons pengunjung yang sangat sangat tinggi terhadap ERI 2015, ke depan kegiatan ERI perlu dilakukan secara rutin sebagai upaya membangun dan mengembangkan brand image produk Indonesia," pungkas Fajarini.



(ABD)

Video /