KPK Periksa Jazuli Juwaini soal Pengelolaan Dana Haji

Al Abrar    •    04 Mei 2015 12:10 WIB
korupsi haji
KPK Periksa Jazuli Juwaini soal Pengelolaan Dana Haji
Ilustrasi Gedung KPK--Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi Agama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) 2009-2014 Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jazuli Juwaini, hari ini kembali mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Jazuli menuturkan kedatangan dirinya ke KPK hendak dimintai keterangan perihal penyelidikan terkait pengelolaan dana haji 2012-2013 untuk tersangka mantan Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA).

"Sebagai saksi untuk pak SDA," kata Jazuli singkat sebelum memasuki gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (4/5/2015).

Sebelumnya, Jazuli juga sempat diminta keterangan oleh KPK terkait dana pengelolaan haji tahun 2012 pada Februari dan Agustus tahun lalu.

KPK telah menetapkan SDA sebagai tersangka pada 22 Mei 2014. SDA diduga menyalahgunakan dana penyelenggaraan haji sebesar Rp1 triliun. Dana itu berasal dari APBN dan setoran calon jamaah haji melalui tabungan haji.

Dari hasil audit, PPATK menemukan transaksi mencurigakan sebesar Rp230 miliar. Tak jelas penggunaan transaksi itu. Selama periode 2004-2012, dana haji yang dikelola mencapai Rp80 triliun dengan imbalan hasil sekitar Rp2,3 triliun per tahun.

Pada pelaksanaan haji 2013, KPK mengirimkan tim ke Makkah, Arab Saudi, untuk memantau langsung pelaksanaan haji.


(YDH)

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

18 minutes Ago

Dukungan untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga melawan Thailand di partai puncak Piala AFF 2…

BERITA LAINNYA
Video /