Kantor Uber di Tiongkok Digerebek Kepolisian Setempat

Riandanu Madi Utomo    •    04 Mei 2015 13:23 WIB
uber
Kantor Uber di Tiongkok Digerebek Kepolisian Setempat
Berbagai benda sempat disita dalam penggrebekan kantor Uber (foto: SlashGear)`

Metrotvnews.com: Kantor Uber di Guangzhou, Tiongkok baru-baru ini dikabarkan telah digerebek kepolisian setempat. Menurut berita yang dirilis Guangzhou Daily, kepolisian Tiongkok berhasil menyita berbagai barang seperti ponsel dan peralatan lainnya.

Sementara itu, perusahaan penyedia jasa transportasi tersebut kini sedang dalam tahap peninjauan ulang oleh pemerintah setempat. Menurut beberapa media, aksi penggerebekan tersebut merupakan bagian dari operasi pemberantasan layanan taksi ilegal di Tiongkok, dan tidak menargetkan Uber secara spesifik.

Menurut pemerintah Tiongkok, pengrebekan tersebut dilakukan kepada berbagai perusahaan yang dianggap mengorganisir pengemudi tanpa kualifikasi operasional untuk tujuan komersil. Meskipun tidak menyebutkan Uber secara spesifik, namun pemerintah Tiongkok sepertinya memang telah menargetkan Uber sebagai sasaran utamanya. 

Uber memiliki cakupan yang cukup luas di Tiongkok, meliputi kota-kota besar Shanghai, Beijing, Wuhan, dan Chengdu. Menanggapi penggrebekan kali ini, juru bicara Uber di Singapura mengatakan bahwa mereka akan bekerjasama dengan pemerintah setempat dan akan terus melanjutkan bisnisnya di Guangzhou.

Pemerintah Tiongkok memang tengah melakukan tindakan agresif terhadap layanan transportasi ilegal. Pertumbuhan kebutuhan akan transportasi yang cukup pesat dan didorong oleh pertumbuhan teknologi serta kehadiran aplikasi transportasi membuat Kementrian Transportasi Tiongkok khawatir akan adanya tindak kriminal oleh para pelaku transportasi ilegal.

Untuk itulah, mereka harus menata ulang layanan transportasinya dengan menerbitkan peraturan yang melarang pemilik kendaraan pribadi untuk mengkomersilkan kendaraannya. (SlashGear)


(ABE)

Renato Sepakat ke Milan, MU Siap Gigit Jari
Bursa Transfer Pemain

Renato Sepakat ke Milan, MU Siap Gigit Jari

5 hours Ago

Dalam kesepakatan itu menyebut kalau Rossoneri akan membayar sebesar 35 juta Poundsterling atau…

BERITA LAINNYA
Video /