Kabareskrim: Tersangka UPS Lebih dari 5 Orang

Wanda Indana    •    04 Mei 2015 15:10 WIB
korupsi ups
Kabareskrim: Tersangka UPS Lebih dari 5 Orang
Komjen Budi Waseso. Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Budi Waseso mengatakan tersangka kasus korupsi pengadaan alat UPS lebih dari lima orang. Di antaranya adalah pejabat di DKI.

"Bisa banyak. Bisa lebih dari lima (tersangka)," kata Waseso di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2015).

Dia mengatakan, para calon tersangka segera dipanggil untuk menjalani pemeriksaan. Proses hukum kasus korupsi ini, menurutnya, akan terus berlanjut sesuai hasil pemeriksaan saksi-saksi.

"Kami ingin pekerjaan ini cepat selesai. Kami tunggu waktunya dari hasil pemeriksaan saksi-saksi yang berjalan. Penyidik menjadwalkan untuk pemeriksaan yang lain," terangnya.

Waseso hadir di Balai Kota untuk bertemu Gubernur Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama. Dia meminta izin ke Ahok untuk memeriksa pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Ada beberapa saksi yang harus saya mintai keterangan dari staf-staf beliau. Jadi, saya harus minta izin dulu sama Pak Gubernur," terangnya.



Abraham Lunggana di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis 30 April. Foto: MI/Rommy Pujianto


Dalam kasus ini, penyidik Bareskrim sudah menetapkan dua pegawai negeri sipil sebagai tersangka yakni mantan Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Barat Alex Usman dan mantan Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Pusat Zainal Soleman.

Hari ini, penyidik memeriksa Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana alias Haji Lulung sebagai saksi kasus itu. Ini pemeriksaan ke dua bagi Lulung. Selain Lulung, penyidik juga sempat menggali informasi dari seorang anggota dewan Fahmi Zulfikar.

Penggelembungan anggaran di proyek pengadaan alat UPS di sekolah-sekolah di Jakarta terjadi pada 2014.


(TRK)

Wapres dan Ketua MPR Yakin Timnas Mampu Jinakan Vietnam
Leg I Semifinal Piala AFF 2016

Wapres dan Ketua MPR Yakin Timnas Mampu Jinakan Vietnam

33 minutes Ago

Tak tanggung-tanggung, Ketua Umum PAN itu memprediksi timnas akan menang dengan skor meyakinkan…

BERITA LAINNYA
Video /