Infeksi Kulit yang Biasa Muncul Saat Musim Panas

   •    04 Mei 2015 15:45 WIB
kesehatan
Infeksi Kulit yang Biasa Muncul Saat Musim Panas
Mencuci kulit dengan bersih dapat menghindari infeksi kulit (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Matahari yang begitu menyengat cenderung dihindari karena bisa membuat kulit lebih gelap.

Selain itu, suhu yang terlalu panas juga akan membuat Anda berkeringat dan berpengaruh terhadap kemunculan berbagai infeksi kulit.

Menderita infeksi kulit menjadi hal yang cukup menyakitkan sekaligus menjengkelkan. Selain mengganggu kenyamanan, infeksi kulit juga akan memengaruhi penampilan.

Apa saja jenis infeksi kulit yang muncul saat musim panas?

- Infeksi jamur
Lipatan pada tubuh seperti sela-sela jari kaki dan ketiak lebih mungkin mendapat serangan infeksi jamur. Infeksi jamur ini muncul seperti bercak merah disertai dengan gatal yang luar biasa.

Infeksi jamur dapat diobati dengan mudah, yakni dengan menggunakan krim anti-jamur dan obat yang dapat Anda peroleh dengan resep dari dokter. Karena kelembaban sangat memengaruhi pertumbuhan jamur, lipatan tubuh Anda harus tetap kering. Setelah mandi dan sebelum tidur, keringkan lipatan tersebut dengan handuk katun yang lembut.

- Impetigo
Impetigo merupakan infeksi bakteri pada kulit. Saat cuaca panas dan berkeringat, bakteri sangat mudah tumbuh, berkembang biak, dan menyebabkan infeksi kulit. Infeksi ini lebih mungkin terjadi saat kulit tergores.

Daerah tergores atau terkelupas merupakan titik lemah di mana bakteri dapat dengan mudah mengakses lapisan kulit yang lebih dalam. Infeksi kulit ini akan membuat daerah kulit berwarna merah dan mungkin sedikit rasa sakit.

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukup sederhana, yakni dnegan menggunakan krim antibiotik. Biarkan terbuka sehingga memungkinkan kulit untuk bernapas. Tapi jika krim antibiotik tidak mengatasinya dalam 2-3 hari, pergilah ke dokter dan mintalah resep obat.

- Tinea Versicolor
Nama ini mungkin terdengar asing dan mungkin menakutkan bagi Anda. Tapi sebenarnya hanya infeksi kulit ringan akibat jamur yang menyebabkan bercak kecil berwarna putih atau gelap pada kulit Anda.

Ini umumnya muncul di punggung, dada dan lengan. Anda juga tek perlu cemas karena tidak menimbulkan gatal atau rasa sakit. Untuk menangani masalah ini, gunakan krim anti jamur atau lotion dan pil, atau kombinasikan keduanya.

- Gigitan serangga
Digigit serangga menjadi hal yang cukup umum selama musim panas. Meski bukan masalah serius, hal ini dapat membuat kulit gampang terinfeksi karena orang-orang cenderung menggaruk yang mengakibatkan lecet di kulit.

Ketika kulit lecet, bakteri akan mudah masuk yang bisa menyebabkan infeksi kulit. Gunakan antibiotik, dan jika perlu konsumsi pil anli-alergi untuk menghilangkan gatal.

- Folikulitis
Infeksi kulit yang satu ini hampir sama seperti jerawat yakni berwarna merah, sakit saat disentuh, dan umumnya muncul di sekitar jenggot, kulit kepala, atau pangkal paha. Selain itu, infeksi ini juga kerap muncul di bagian belakan dan daerah dada.

Folikulitis ini bisa muncul ketika adanya kesenjangan di dalam kulit, di mana batang rambut memasuki kulit. Ini adalah titik lemah yang memungkinkan bakteri masuk dan tenggelam jauh ke dalam kulit. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menggunakan antibiotik, krim, atau pil sesuai tingkat keparahan. (Ningtriasih/Healthmeup)


(ROS)

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor
Semifinal Leg 1 Piala AFF 2016: Indonesia vs Vietnam

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor

1 hour Ago

PSSI dan ketua Panpel laga Indonesia versus Vietnam memberikan penjelasan mengenai pendistribus…

BERITA LAINNYA
Video /