Sering Diminta Foto Bareng, Menteri Susi Jadi Takut

Antara    •    04 Mei 2015 15:51 WIB
susi pudjiastuti
Sering Diminta Foto <i>Bareng</i>, Menteri Susi Jadi Takut
Susi Pudjiastuti di rumah dinasnya di Kompleks Widya Chandra V, Jakarta, Senin 27 April 2015. Antara Foto/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Nama Susi Pudjiastuti melejit setelah jadi menteri. Ia pun kerap diminta foto bareng saat hadir dibanyak kesempatan. Dia bergurau, hingga takut ke luar rumah karena sering diajak foto.

"Keluar pun tidak berani karena terlalu banyak orang di kondangan yang mau foto," kata Susi dalam acara berbincang dengan pengusaha perikanan di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta, Senin (4/5/2015).

Menteri Susi berseloroh dirinya kerap tidak bisa mencicipi makanan enak karena sibuk melayani permintaan foto.

Sosok bos Susi Air itu menyita perhatian karena usahanya memberangus kapal asing yang menangkap ikan di perairan Indonesia secara ilegal. Kontroversi Susi antara lain melarang nelayan menangkap ikan menggunakan pukat harimau.



Susi Pudjiastuti menunggu detik-detik peledakan kapal nelayan asal Thailand di Selat Dempo, Kepri, Senin 9 Februari 2015. Antara Foto/Joko Susilo

Perempuan lulusan sekolah menengah itu rela jabatannya diduduki orang lain bila konsep atau kebijakan tentang kelautan dan perikanan sudah kuat. "Siapa tahu bila yang berpendidikan yang meneruskan, akan lebih baik," cetusnya.

Dia mengatakan, Presiden Joko Widodo sengaja menujuk orang gila sepertinya untuk membenahi masalah kelautan dan perikanan.

Susi mempersilahkan kepada pengusaha untuk berkomunikasi dengan dirinya bila menemui masalah, termasuk melalui Twitter. "Biasanya akan dibalas," katanya.

Susi lahir di Pangandaran pada 15 Januari 1965. Sebelum jadi menteri, ia menekuni dunia usaha. Dia adalah Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan, dan penerbangan Susi Air.

Susi Air setidaknya mengoperasikan 50 pesawat dengan berbagai tipe seperti 32 Cessna Grand Caravan, sembilan Pilatus PC-6 Porter dan tiga Piaggio P180 Avanti.

Susi Air mempekerjakan 180 pilot. Pada 2012, Susi Air menerima pendapatan Rp300 miliar dan melayani 200 penerbangan perintis. Setelah jadi menteri, ia melepas semua jabatan di perusahaannya.


(TRK)

Ini Alasan Boaz Solossa Digantikan Evan Dimas
Indonesia vs Vietnam

Ini Alasan Boaz Solossa Digantikan Evan Dimas

4 hours Ago

Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl punya alasan khusus ketika menggantikan Boaz Solossa di p…

BERITA LAINNYA
Video /