Tol Cipali Rampung Akhir Mei

Iqbal Musyaffa    •    04 Mei 2015 17:44 WIB
jalan tol
Tol Cipali Rampung Akhir Mei
Tol Cipali Rampung Akhir Mei. Dok/Istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Pembangunan tol Cikampek-Palimanan (Cipali) ditargetkan selesai pada akhir Mei. Peresmian sekaligus syukuran selesainya pembangunan tol akan dilakukan pada 24 Mei mendatang dengan diadakannya lomba lari dan sepeda Cipali Duo Challenge.

Komisaris PT Lintas Marga Sedaya Sandiago Uno mengatakan masih ada sebagian kecil ruas jalan yang belum selesai. Namun, semua akan selesai akhir bulan nanti.

"Kita terus koordinasi dengan kemeterian PUPR untuk uji laik fungsi dan uji laik operasional. Termasuk juga mengenai tarif tol yang akan diterapkan nanti," ujarnya di Jakarta, Senin (4/5/2015).

Saat ini sudah sembilan ruas jalan atau sub seksi jalan yang sudah melalui proses uji laik fungsi dari total 17 sub seksi yang ada untuk jalan tol sepanjang 116 kilo meter (km) ini. "Dengan adanya tol ini akan mendorong peningkatan investasi di sepanjang jalan tol ini," ucap dia.

Selain itu, Sandiaga juga mengatakan dengan beroperasinya tol Cipali akan mempermudah para pengguna jalan khususnya pada saat arus mudik Lebaran nanti.

"Tol ini bukan hanya untuk investasi. Tapi banyak rakyat yang menunggu solusi untuk macet di waktu mudik. Kita fokus pastikan jalan tol ini berfungsi baik dengan daya tahan dan kualitas jalan yang baik pula. Kita dukung program pemerintah untuk kurangi macet ketika mudik," cetusnya.

Tol Cipali ini mulai dilakukan pekerjaan konstruksinya pada tahun 2013 dan membutuhkan waktu 24 bulan hingga selesai dengan biaya investasi sekitar Rp12,8 triliun. "Ini partisipasi swasta dalam pembangunan dengan kerangka PPP (Public-Private Partnership)," pungkasnya.


(WID)

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

2 hours Ago

Dukungan untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga melawan Thailand di partai puncak Piala AFF 2…

BERITA LAINNYA
Video /