Tingkatkan Kerja Sama, RI Latih Perwira Militer Timor Leste

Fajar Nugraha    •    05 Mei 2015 09:53 WIB
indonesia-timor leste
 Tingkatkan Kerja Sama, RI Latih Perwira Militer Timor Leste
Pertemuan Menhan RI dan Menhan Timor Leste (Foto: Dok. Kemhan RI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertahanan (Menhan) Timor Leste Cirilo Cristovao menjalin hubungan bilateral dibidang pertahanan dengan Indonesia. Kesepakatan pelatihan termasuk di dalamnya.
 
"Dengan menteri pertahanan, kita punya hubungan yang selama ini sudah terjalin cukup baik. Ada kerja sama baik di tingkat kementerian maupun angkatan bersenjata," ujar Cirilo.
 
Pernyataan tersebut disampaikan Cirilo Cristovao usai kunjungannya ke Kementerian Pertahanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 4 Mei 2015, seperti dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Jakarta, Selasa (5/5/2015).
 
Dia menyebut, bentuk kerja sama tersebut dalam bentuk pelatihan-pelatihan sebagai upaya peningkatan di bidang kemiliteran.
 
"Ada pelatihan bersama, kerja sama kesepakatan antara TNI dan angkatan bersenjata Timor Leste,  INAMOR (Indonesian Army Monitoring Work) dan juga kerja sama pelatihan-pelatihan misi bersama. Serta pelatihan perwira jasmani dan pelatihan di bidang engineering yang di fasilitasi TNI," papar dia.
 
Selain itu ada kesepakatan secara informal dengan Menhan untuk mengirim perwira Timor Leste untuk  seskoal dan seskoad. "Kerja sama cukup luas, bukan saja pelatihan bersama tapi hal lain. Kita lihat proses nanti ke depan," tuturnya.
 
Bahkan Menteri Pertahanan Timor Leste Cirilo Cristovao membangun kerja sama bilateral dengan Lembaga Ketahanan Nasional dengan mengirim lebih banyak militer Timor Leste jalani Program pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) di Lemhanas.
 
"Kebetulan kita sudah ada empat siswa yang ikut program reguler Lemhanas. Tahun ini angkatan keempat. Kerja sama ini penting untuk siswa kita belajar," katanya.
 
Cirilo menuturkan Lemhanas berjanji akan menambah kuota militer Timor Leste sebagai peserta pendidikan tersebut untuk tahun depan.
 
"Wagub Lemhanas sendiri meminta tahun depan bisa menambah jatah pengiriman dan melakukan kajian bersama di bidang kajian perbatasan kelautan," katanya.
 
"Setiap tahun kita dapat jatah satu tapi tadi di janjikan wagub ada peluang untuk menambah jatah," tambahnya.



(FJR)

Wapres dan Ketua MPR Yakin Timnas Mampu Jinakan Vietnam
Leg I Semifinal Piala AFF 2016

Wapres dan Ketua MPR Yakin Timnas Mampu Jinakan Vietnam

37 minutes Ago

Tak tanggung-tanggung, Ketua Umum PAN itu memprediksi timnas akan menang dengan skor meyakinkan…

BERITA LAINNYA
Video /