8 Bagian Kulit yang Dilupakan dari Penggunaan Tabir Surya

Torie Natalova    •    05 Mei 2015 10:18 WIB
kanker
8 Bagian Kulit yang Dilupakan dari Penggunaan Tabir Surya
Gunakan tabir surya di bagian yang tak terlihat. (Foto:skincancer.org)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lebih dari 9.000 orang meninggal akibat kanker kulit pada 2010 di Amerika Serikat. Itulah mengapa pentingnya penggunaan tabir surya dengan tepat sebelum terkena paparan sinar matahari. 

Banyak kasus baru dari kanker kulit bisa diobati dan dicegah, terutama jika kita tidak mengabaikan daerah kulit yang sering kita lewatkan saat penggunaan tabir surya.

Berikut adalah beberapa dari bagian tubuh yang sering terlupakan untuk penggunaan tabir surya seperti dilansir Huffington Post.

Telinga

Menurut sebuah studi dari The Skin Cancer Foundation Journal 2007, telinga adalah lokasi yang membuat sekitar 80 persen dari 1,3 juta kasus baru kanker kulit di Amerika setiap tahunnya. Mulailah rajin menggunakan pelembap di bagian belakang telinga Anda.

Kulit kepala

Anda mungkin tidak menyadari kulit kepala juga penting untuk terlindungi dari matahari

Kelopak mata

Kulit kelopak mata sangat lembut. Pastikan gunakan tabir surya di bagian kelopak mata seperti menggunakan pelembap atau krim mata yang mengandung SPF.

Ketiak

Kulit ketiak juga merupakan bagian penting untuk dilapisi tabir surya, terlebih saat memakai baju tanpa lengan.

Bagian kulit yang tertutup tali

Jika menggunakan baju renang, tetap lah lapisi bagian kulit yang tertutup tali baju Anda. Terkadang, kulit yang ada di bawah tali baju juga bisa terkena paparan sinar matahari saat bergerak. Termasuk juga bagian kaki yang tertutup tali pada bagian sandal.

Punggung tangan

Bagian punggung tangan juga wajib Anda lindungi karena bagian ini juga kerap terpapar sinar ultraviolet.

Bibir

Bibir bagian bawah khususnya harus dilapisi tabir surya, karena bagian itu 12 kali lebih mungkin bagi kanker untuk berkembang daripada bagian bibir atas. Buat laki-laki, sebaiknya mulailah menggunakan lip balm karena potensi pria terkena kanker kulit 13 kali lebih besar dari wanita.

Belakang lutut

Tabir surya juga wajib digunakan pada bagian belakang lutut terutama bagian yang memiliki lipatan yang sering terlupakan namun penting bagi kesehatan kulit Anda.


(LOV)

Video /