Google Percepat Akses ke Situs Indonesia

Riandanu Madi Utomo    •    05 Mei 2015 11:48 WIB
google
Google Percepat Akses ke Situs Indonesia
Metode kompresi Google akan mangkas waktu pemuatan halaman website hingga 50 persen

Metrotvnews.com: Para pengguna Android di Indonesia akan segera menikmati rasanya berselancar di internet dengan lebih lancar. Google akan melakukan kompresi pada berbagai website yang Anda kunjungi dengan koneksi lambat, sehingga website dapat dimuat lebih cepat.

Metode Google mirip dengan fitur kompresi yang ada di Opera Mini, ketika mendeteksi koneksi yang lebih lambat atau koneksi 2G, maka website yang dimuat akan dikompresi secara otomatis, sehingga waktu pemuatan akan semakin singkat.

Bedanya, sistem kompresi website Google diklaim lebih optimal dari Opera Mini. Berbagai iklan tak akan ditampilkan pada website versi kompresi, meskipun iklan dari Google Adsense dan beberapa penyedia iklan masih bisa dilihat. Sayangnya, tidak semua website dapat dikompresi oleh Google.

Website dengan sistem yang rumit, seperti penyedia layanan video atau website dengan struktur teknis yang rumit tidak dapat dikompresi Google. Google mengklaim, metode kompresi ini dapat meningkatkan kecepatan pemuatan halaman website hingga 50 persen dan mengurangi penggunaan data hingga 80 persen.

Google akan mulai melakukan pengujian di Indonesia pada Mei ini. Fitur kompresi ini akan hadir di Android browser dan Google Chrome di  Android 2.3 ke atas. Perlu ditekankan bahwa metode kompresi ini hanya diperuntukkan bagi para pengguna perangkat mobile. (androidauthority.com)


(ABE)

Video /