Dirjen Pajak Keluhkan Isu Negatif 'Semua Kena Pajak'

Eko Nordiansyah    •    05 Mei 2015 11:36 WIB
pajak
Dirjen Pajak Keluhkan Isu Negatif 'Semua Kena Pajak'
Pajak (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Masyarakat tampak khawatir dengan adanya target tinggi yang dibebankan kepada Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membuat segala sesuatunya akan dikenakan pajak. Hal ini sejalan dengan upaya mencapai target penerimaan pajak.

"Dengan target (penerimaan pajak) tinggi ini (sepertinya) Pak Sigit mau menguras kita (masyarakat)," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Keuangan Sigit Priadi Pramudito, di Graha Akuntan, Jalan Sindanglaya Nomor 1, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (5/5/2015).

Sigit mengungkapkan bahwa prinsip yang diterapkan dalam menggenjot penerimaan pajak ini sudah sesuai dengan permintaan presiden. "Prinsip aturan pajak ini sesuai permintaan presiden. Jangan buat investasi takut. (Jangan juga) masyarakat takut membelanjakan uangnya," jelas dia.

Sigit mengeluhkan bila selama ini banyak isu yang membuat masyarakat justru khawatir jika barang yang dibeli mereka akan dikenakan pajak. "Banyak isu yang membuat masyarakat takut kalau semua itu kena pajak. Batu akik kena pajak. Itu kan salah persepsinya," jelasnya.

Meskipun begitu, Sigit optimistis jika penerimaan pajak tahun ini mampu meningkat 30 persen, atau mencapai sekira Rp1.300 triliun. Hal ini didukung dengan pelaksanaan reinventing policy (sunset policy jilid II) oleh pemerintah.


(ABD)

Video /