Ini 3 Kesepakatan KPU dengan DPR Soal Pilkada Serentak

Surya Perkasa    •    05 Mei 2015 11:42 WIB
pilkada serentak
Ini 3 Kesepakatan KPU dengan DPR Soal Pilkada Serentak
Sekjen Partai Golkar versi Munas Riau 2009 Idrus Marham (kedua kanan) berbincang bersama anggota Komisi Pemilihan Umum (dari kiri) Ferry Kurnia, Hadar Nafis Gumay, Ida Budhiati dan Sigit Pamungkas usai pertemuan terkait Pilkada 2015 di kantor KPU, Jakarta

Metrotvnews.com, Jakarta: Rapat konsultasi antara Pimpinan DPR, Komisi II DPR, dan KPU yang berlangsung kemarin mencapai tiga kesepakatan. Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay menjelaskan beberapa poin yang disepakati tersebut.

"Pertama, DPR merekomendasikan usulan mereka dimasukkan dalam Peraturan KPU (PKPU)," kata dia di Jakarta, Selasa (5/5/2015). Salah satu rekomendasi DPR adalah menggunakan putusan pengadilan terakhir sebagai rujukan pengurus yang sah dalam mengusulkan calon pasangan kepala daerah.

Hal kedua yang disepakati, DPR akan mencari jalan untuk membuat payung hukum agar partai politik yang bersengketa bisa ikut Pilkada. Salah satu opsinya adalah merevisi UU Nomor 8 tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah.

"DPR juga sepakat akan berkoordinasi dengan Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi (MK)," katanya.

Walau demikian, KPU tetap berkomitmen tidak akan mengubah Peraturan KPU yang telah mereka miliki. Hadar menegaskan bahwa KPU hanya akan merujuk kepada keputusan hukum yang final dan mengikat, sesuai aturan yang ada.

"Parpol harus tunggu keputusan inkracht. Kalau belum ada, maka sesegera mungkin parpol itu islah. Kalau islah tidak bisa tercapai, maka tidak bisa ikut pilkada," tegas dia.


(UWA)

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

2 hours Ago

Dukungan untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga melawan Thailand di partai puncak Piala AFF 2…

BERITA LAINNYA
Video /