Ini Upaya Pemerintah Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi

Suci Sedya Utami    •    05 Mei 2015 18:52 WIB
pertumbuhan ekonomi
Ini Upaya Pemerintah Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi
Ilustrasi. Dok Kemenkeu

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Sofyan Djalil menegaskan pemerintah belum akan merevisi target pertumbuhan tahunan yang ditetapkan dalam APBN Perubahan 2015 sebesar 5,7 persen, meski realisasi kuartal pertama terkoreksi menjadi 4,71 persen. Menurut Sofyan, pemerintah tentu akan mengejar laju pertumbuhan di kuartal-kuartal selanjutnya.

"Saya lihat laporan BPS (Badan Pusat Statistik) tidak terlalu mengkhawatirkan. Ini baru kuartal pertama, target kita setahun, masih ada tiga kuartal yang harus kita perbaiki," kata Sofyan di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (5/5/2015).

Sofyan menyatakan, salah satu penyebab pertumbuhan melambat yakni karena negara-negara mitra dagang dalam hal ini ekspor, juga mengalami perlambatan ekonomi. Untuk itu, pemerintah berupaya mengubah tujuan ekspor ke negara-negara yang share produk Indonesianya masih bisa tumbuh.

"Ekspor kita harus lebih agresif ke non-tradisional, bukan Tiongkok dan Eropa, tapi India, Timur Tengah, Turki, Iran harus diperkuat," ujar dia.

Demikian juga lambatnya realisasi investasi pemerintah yang menjadi penghambat, di kuartal berikutnya harus dipercepat. Contohnya saja belanja modal dalam pembangunan infrastruktur yang akan mulai digenjot pada kuartal dua.

"Kalau kuartal II proyek infrastruktur mau dimulai. Misal jalan tol, sambil berjalan sabil bebaskan lahan. Kereta api juga, kita tunggu studi lebih lanjut sehingga bisa diputuskan sebelum akhir tahun ini," pungkasnya.


(WID)

Ditahan Imbang Spurs, Zidane: Itu Hasil yang Logis
Real Madrid vs Tottenham Hotspur

Ditahan Imbang Spurs, Zidane: Itu Hasil yang Logis

8 minutes Ago

 Entrenador Real Madrid Zinedine Zidane tenang menyikapi hasil imbang kontra Tottenham Hot…

BERITA LAINNYA
Video /