Tabloid Pemuat Kartun Nabi Muhammad Raih Penghargaan di AS

Fajar Nugraha    •    06 Mei 2015 09:25 WIB
charlie hebdo
Tabloid Pemuat Kartun Nabi Muhammad Raih Penghargaan di AS
Tabloid Charlie Hebdo diberi penghargaan (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, New York: Tabloid Prancis Charlie Hebdo yang biasa membuat karikatur Nabi Muhammad, diberikan penghargaan di Amerika Serikat (AS). Pemberian penghargaan ini dilakukan dalam pengamanan ketat.
 
Penghargaan diberikan oleh PEN American Center, dua hari setelah dua orang melepaskan tembakan di Texas. Penembakan itu terjadi saat pameran karikatur Nabi Muhammad. Dua orang pelaku penembakan itu tewas ditembak pihak berwenang.
 
Karikatur Nabi Muhammad yang kerap dimuat oleh Charlie Hebdo menjadi pemicu penyerangan terhadap kantornya pada Januari 2015. Serangan itu menyebabkan 12 orang tewas.
 
"Pembelaan terhadap orang yang terbunuh karena menegakan kebebasan berpendapat, adalah inti dari PEN," ujar Presiden PEN Andrew Solomon, seperti dikutip Reuters, Rabu (6/5/2015).
 
"Staf dari Charlie Hebdo saat ini masih bertahan dan penghargaan ini merefleksikan penolakan mereka atas pembatasan kebebasan berpendapat melalui kekerasan," ujarnya.
 
Keputusan PEN ini tidak sepenuhnya didukung. Karena Penghargaan Expression Courage diberikan kepada Charlie Hebdo, enam penulis ternama menarik diri dari acara tersebut dan lebih dari 100 lainnya menulis surat protes.
 
Menurut salah seorang penulis yang menarik diri, Rachel Kushner, dirinya tidak nyaman dengan sikap intoleransi budaya dari Charlie Hebdo. Sementara penulis lain yang menarik diri adalah Peter Carey, Michael Ondaatje, Francine Prose, Teju Cole dan Taiye Selasi.
 
 



(FJR)

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

21 minutes Ago

Dukungan untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga melawan Thailand di partai puncak Piala AFF 2…

BERITA LAINNYA
Video /