Sepatu Hak Tinggi Bisa Picu Nyeri Punggung

   •    06 Mei 2015 10:02 WIB
kesehatan
Sepatu Hak Tinggi Bisa Picu Nyeri Punggung
High heels bisa memicu nyeri punggung. (Foto:AFP/Attila Kisbenedek)

Metrotvnews.com, Jakarta: Demi menunjang penampilan, banyak wanita rela menahan sakit dengan mengenakan sepatu hak tinggi atau high heels. Ya, mungkin Anda akan terlihat seksi dan menawan dengan sepatu Anda. 

Namun, memakai sepatu hak tinggi secara terus menerus bisa menimbulkan nyeri kaki, nyeri pungung dan sakit lutut.

Terlalu sering memakai sepatu hak tinggi akan merusak tulang belakang Anda. Hal ini terjadi lantaran sepatu hak tinggi akan mempengaruhi keseimbangan postur tubuh Anda secara langsung, sehingga tulang belakang terlalu melengkung. Postur tubuh yang salah menjadi titik awal munculnya berbagai masalah.

Mengenakan sepatu hak tinggi dalam jangka waktu yang cukup lama juga akan menyebabkan kejang dan kontraktur paha belakang serta pinggul. Kontraksi otot-otot ini menyebabkan tulang belakang memutar yang dikenal sebagai hyperlordosis.

Hyperlordosis akan menyebabkan peningkatan konsentrasi stres dan beban di pinggiran sendi intervertebralis, sendi tulang belakang dan sendi tulang panggul. 

Selain itu, hyperlordosis juga menyebabkan peregangan ligamen, yakni pendukung di depan tulang belakang serta pengetatan ligamen di belakang tulang belakang pada waktu yang sama. Jika berlangsung terus menerus, ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan degenerasi cepat dari sendi intervertebralis dan radang sendi sacroiliac di usia muda.

Memakai hak tinggi juga menyebabkan nyeri punggung bawah dan masalah lainnya seperti pergeseran sendi, hyperlordosis dan nyeri panggul. 

Sakit punggung adalah kondisi yang tidak boleh dibiarkan. Umumnya, penderita sakit punggung akan menggunakan obat penghilang rasa sakit atau mengoleskan berbagai salep dan gel untuk menyingkirkan rasa sakit. Namun, obat penghilang rasa sakit hanya dapat memberikan bantuan sementara, tetapi penyebab yang mendasari akan tetap ada.

Salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Jika rasa sakit disertai dengan pembengkakan, cara terbaik adalah kompres dengan es. Kompres es meningkatkan aliran darah di pembuluh darah yang melepaskan oksigen dalam jaringan. Selain itu, lakukan latihan yang meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas otot-otot di bagian belakang dan daerah pinggul dengan pengawasan seorang ahli fisioterapis.

Jika Anda masih terobsesi untuk mengenakan sepatu hak tinggi, pilih sepatu yang empuk dnegan bantalan silikon sehingga tidak menyiksa telapak kaki Anda dan mencegah sakit punggung. (Ningtriasih/Healthmeup)


(LOV)

Ferguson Sebut Rooney Pelayan yang Baik
Stoke City vs Manchester United

Ferguson Sebut Rooney Pelayan yang Baik

2 hours Ago

Manajer legendaris Manchester United Sir Alex Ferguson menyebut Wayne Rooney seorang pelayan ya…

BERITA LAINNYA
Video /