FIFA Tetap Minta Pertanggungjawaban MoU Kuala Lumpur

   •    15 Januari 2013 18:28 WIB
FIFA Tetap Minta Pertanggungjawaban MoU Kuala Lumpur

MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) tetap akan meminta pertanggungjawaban PSSI soal kelanjutan Nota Kesepahaman (MoU) Kuala Lumpur, 7 Juni 2012 lalu.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke dalam surat FIFA ke PSSI tertanggal 18 Desember 2012.

Dalam surat yang diterima Media Indonesia, Selasa (15/1), FIFA dengan tegas menyebut 4 hal yang akan dievaluasi sebelum menjatuhkan sanksi bagi sepak bola Indonesia pada Maret 2013 ini.

Keempat hal tersebut ialah unifikasi liga, revisi Statuta PSSI, pengembalian 4 komite eksekutif terhukum (La Nyalla Mattalitti, Roberto Rouw, Toni Aprilliani dan Erwin Budiawan) serta pelaksanaan MoU yang berdasarkan voters Kongres Luar Biasa Solo, Juli 2011 lalu.

"Komite Eksekutif FIFA akan membahas lagi kondisi PSSI beserta 4 syarat di atas di rapat Komite Asosiasi pada Februari 2013 dan rapat Komite Eksekutif pada Maret 2013," ujar Valcke dalam surat yang juga ditembuskan ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) itu.

Valcke juga menekankan bahwa jika PSSI tak bisa memenuhi keempat syarat tersebut, FIFA tidak akan lagi memberi perpanjangan tenggat. Dengan kata lain, Indonesia akan dijatuhi sanksi untuk jangka waktu yang belum ditentukan.

"Ini merupakan tenggat terakhir yang diberikan oleh FIFA bagi PSSI untuk menormalkan situasi," tutup Valcke.

Surat FIFA ini menyanggah pernyataan Sekretaris Jenderal PSSI Halim Mahfudz yang hanya menyebut tiga poin yang harus mereka selesaikan. Dalam roadmap yang diberikan ke FIFA, mereka tidak mencantumkan soal MoU 7 Juni 2012.

Halim sendiri tidak bisa dihubungi untuk dikonfirmasi mengenai hal ini hingga kemarin sore. Meskipun demikian, ia pernah mengutarakan bahwa MoU itu sudah dicabut dalam Kongres Luar Biasa PSSI yang diselenggarakan di Palangkaraya, akhir tahun lalu.

Faktanya hingga kini, bukan hanya penyelesaian MoU yang belum bisa dilakukan oleh PSSI dan Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI). Soal penyatuan liga pun masih belum menemukan titik terang, apalagi soal pengembalian empat exco karena keempatnya menolak wacana itu.

Dengan kata lain, PSSI telah gagal memenuhi tenggat mereka sendiri karena menjanjikan ke FIFA soal ini akan selesai pada akhir Desember 2012 lalu. Soal kerja sama dengan NewsCorp pun masih jauh panggang dari api, padahal PSSI menjanjikan ke FIFA bahwa pembicaraan ini akan selesai Januari 2013 ini. (Asni Harismi/X-13)


Demi Timnas, Fan Ini Warnai Seluruh Tubuhnya dengan Cat
Leg I Semifinal Piala AFF 2016

Demi Timnas, Fan Ini Warnai Seluruh Tubuhnya dengan Cat

5 minutes Ago

Banyak cara dilakukan suporter Tanah Air untuk mendukung Tim Nasional (Timnas) Indonesia ketika…

BERITA LAINNYA
Video /