Korupsi UPS

Jadi Tersangka, Zainal Soleman Tolak Wawancara Media Agar Batin Tenang

Renatha Swasty    •    06 Mei 2015 14:54 WIB
korupsi ups
Jadi Tersangka, Zainal Soleman Tolak Wawancara Media Agar Batin Tenang
Zainal Soleman. Foto: Laman Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta

Metrotvnews.com, Jakarta: Tersangka dugaan korupsi uninterruptible power supply (UPS) dalam APBD Perubahan DKI Jakarta 2014 Zainal Soleman tak mau berkomentar terkait kasusnya. Demi menjaga ketenangan batin dan keluarganya ia memilih diam.

"No comment saya, no comment," kata Zainal saat ditemui Metrotvnews.com di kantornya Jalan Jatinegara Timur Nomor 55, Jakarta Timur, Rabu (6/5/2015).

Usai berstatus tersangka, Zainal yang kini menjabat Kepala Dinas Olaraga dan Pemuda Provinsi DKI Jakarta itu cukup sulit dihubungi, alih-alih ditemui.

Metrotvnews.com sempat beberapa kali berusaha menemui Zainal. Namun Zainal tak pernah merespons. Hari ini, Rabu (6/5/2015), Zainal berhasil ditemui di kantornya. Usai turun dari mobil, Metrotvnews.com mencoba menanyakan beberapa hal tapi ia tak mau menjawab.

Zainal menolak menjawab pertanyaan lantaran ia ingin menjaga ketenangan batin keluarganya. "Biar batin dan keluarga saya tenang ya," pungkas dia.

Zainal yang juga mantan Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Pusat dijadikan tersangka oleh Subdit Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri. Ia diduga melakukan korupsi dalam pengadaan UPS. Saat itu ia menjadi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Suku Dinas Pendidikan Menengah (Dikmen) Jakarta Pusat.

Bareskrim juga menersangkakan Alex Usman, mantan Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat sekaligus PPK Suku Dinas Pendidikan Menengah (Dikmen) Jakarta Barat. Alex telah ditahan. Sementara Zainal dinilai kooperatif sehingga hingga hari ini dia masih menghirup udara bebas.

Zainal dan Alex dijerat Pasal 2 dan Pasal 3 UU Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambahkan dengan UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 51 ayat (1) ke 1 KUHP.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Agus Rianto mengatakan Zainal sebetulnya sudah pernah diperiksa penyidik Bareskrim. Tapi tak diketahui media.

Agus mengatakan Zainal tak ditahan, karena dinilai tak menghambat proses pemeriksaan. "Zainal Soleman sudah dipanggil dan dimintai keterangan, tidak ditemui hambatan lah. Antara lain karena kooperatif," kata Agus di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Rabu (6/5/2015).


(KRI)


Nostalgia Kiper Klub Liga Inggris di Piala AFF 2018
Piala AFF 2018

Nostalgia Kiper Klub Liga Inggris di Piala AFF 2018

11 minutes Ago

Kembalinya Etheridge ke Piala AFF ditandai dengan hasil positif. Filipina berhasil meraih kemen…

BERITA LAINNYA
Video /