Hukuman untuk Sipir Nakal Bakal Lebih Berat

Dheri Agriesta    •    06 Mei 2015 15:27 WIB
narkoba
Hukuman untuk Sipir Nakal Bakal Lebih Berat
Menkumham Yasonna saat dengar pendapat dengan Komisi III DPR. --Antara/Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly akan menindak sipir penjara yang berbuat nakal membantu penjualan narkoba dari dalam lembaga permasyarakatan (lapas). Sipir penjara sebagai pejabat akan mendapatkan hukuman ekstra, yakni sepertiga dari hukuman pidana yang diberikan.

"Rakyat biasa saja menjual narkoba kena pidana, kalau dia pejabat pidananya ditambah sepertiga. Seperti kalau dokter melakukan aborsi, dia bisa ditambah sepertiga hukumannya dari hukuman maksimal," kata Yasona di Hotel JS Luwansa, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (6/5/2015).

Yasonna menyebut sipir yang akan menjaga lapas khusus bandar narkoba nantinya akan diseleksi secara ketat. Kemenkumham akan melihat secara teliti rekam jejak dari sipir-sipir yang akan bertugas di sana.

Tak hanya itu, di beberapa lapas yang mengunci terpidana narkoba kelas kakap, sipir penjaganya akan dipantau secara serius. Kemenkumham, kata Yasona, akan memperketat keamanan lapas-lapas itu dengan CCTV dan memeriksa secara teliti setiap tamu yang masuk.

"Walau pun jejaknya baik, menyangkut orang yang besar kita harus pantau terus secara baik melalui berbagai sistem pengamanan," tandas Yasona.

Terpidana mati kasus narkotika, Freddy Budiman, beberapa waktu lalu diketahui masih mengendalikan jaringannya meski mendekam di penjara Nusakambangan.

Parahnya, keberadaan narkotika di lapas melibatkan pegawai lapas. Seorang staf Lapas Narkotika Kelas II A Cipinang, Jakarta Timur berinisial IR ditangkap polisi karena diduga menjadi bagian dari jaringan Freddy.

Yasonna menyampaikan, perbaikan sistem di lembaga pemasyarakatan harus total. Ia berencana menjalin kerja sama dengan TNI untuk mengatasi kekurangan tenaga di lembaga pemasyarakatan. "Perbaikan sistem di lapas harus total," terangnya.
 


(UWA)

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

21 minutes Ago

Dukungan untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga melawan Thailand di partai puncak Piala AFF 2…

BERITA LAINNYA
Video /