Soal Pembajakan, Jusuf Kalla: Pasti Ada Bandarnya Kan!

Agustinus Shindu Alpito    •    06 Mei 2015 18:51 WIB
pembajakan musik
Soal Pembajakan, Jusuf Kalla: Pasti Ada Bandarnya Kan!
Foto: Jusuf Kalla / Metrotvnews.com / Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, Jakarta: Kemajuan teknologi selalu diiringi dengan cara penggunaan yang berbeda-beda. Ada yang menjadikannya sarana menunjang pekerjaan, tetapi ada pula yang memanfaatkan sebagai alat untuk menguntungkan diri sendiri tanpa mengindahkan aspek legalitas.

Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, teknologi sangat berperan besar dalam maraknya pembajakan karya cipta pada saat ini. 

"Ya sekarang kan pembajakan itu sangat mudah, akibat teknologi yang mudah itu, satu kali (menggandakan bisa) 1000-2000 (kopi). Dalam berapa jam sudah (banyak), beda dengan dulu. Sekarang sangat gampang," kata Jusuf Kalla usai membuka diskusi soal hak cipta di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, pada Rabu (6/5/2015).

Pria yang akrab disapa JK itu pun berpendapat bahwa menumpas pembajakan tidak bisa dengan memberangus pedagang konten bajakan saja, tetapi harus ke akar permasalahan.

"Jadi memang harus dicari, pemerintah mencari siapa ini (pelakunya). Bukan yang jual itu (saja)," sambung JK.

Bicara regulasi, JK menyorot pemberantasan pembajakan harus didasari aturan hukum yang jelas, baik secara aturan dan implementasinya.

"Tentu pertama, undang-undangnya sudah ada, aturan-aturan itu sudah ada. Beliau ini punya kewenangan (Kementerian Hukum dan HAM). Tinggal suatu implementasi atau penegakan hukumnya memang. Tapi saat ini juga harus mencegah siapa yang punya, harus ada juga secara penelitian dari intelijen, siapa yang selalu membandari (pembajakan). Pasti ada bandarnya kan!" tukas pria asal Sulawesi itu.


(AWP)

Video /