Superkomputer IBM Digunakan untuk Membantu Mengobati Kanker

Riandanu Madi Utomo    •    07 Mei 2015 09:15 WIB
ibm
Superkomputer IBM Digunakan untuk Membantu Mengobati Kanker
Watson kini dapat digunakan untuk membantu para penderita kanker (foto: SlashGear)

Metrotvnews.com: Salah satu superkomputer milik IBM, Watson, akan digunakan untuk membantu mengobati pasien kanker. Watson mampu membantu memperhitungkan tingkat penyebaran mutasi sel kanker secara cepat. Karena itu, ia kini digunakan oleh empat belas institusi kanker di Amerika Serikat dan Kanada.

Institusi tersebut menyewa Watson untuk membantu mereka menganalisis sel kanker yang diderita oleh pasien-pasiennya. Watson akan bekerja dengan menganalisis DNA sel kanker dan menentukan jenis terapi yang tepat untuk mencegah dan membunuh sel kanker tersebut.

Sebelumnya, analisis DNA tersebut membutuhkan waktu hingga lebih dari satu minggu, namun dengan Watson waktu tersebut dapat dipangkas hanya dalam hitungan menit.

Proses penggunaan Watson dimulai dari pusat kanker yang mengunggah data DNA dari sel kanker pasien untuk dianalisis Watson, dan mereka pula yang bertugas menyampaikan hasilnya. Saat ini, Watson memang masih sedikit mengalami kesulitan karena ia masih belum memiliki cukup banyak database sel kanker yang dapat ditangani. Meskipun demikian, semakin bertambahnya waktu maka Watson akan semakin mampu untuk mencari cara pengobatan kanker yang paling optimal. (SlashGear)


(ABE)


Video /