26 WNI Korban Gempa Nepal Tiba di Jakarta

Ilham wibowo    •    06 Mei 2015 20:27 WIB
gempa nepal
26 WNI Korban Gempa Nepal Tiba di Jakarta
Tim Evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Nepal tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (Foto: MTVN/ Ilham Wibowo)

Meterotvnews.com, Jakarta: Tim Evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Nepal tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, malam ini. Tim mengevakuasi 26 WNI dan empat WNA.

Tim evakuasi beserta WNI dan WNA ini tiba pukul 19.40 WIB setelah berangkat dari Kathmandu, Nepal, pukul 08.00 waktu setempat. Tim terbang menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI AU.

"Selain membawa kru, tim evakuasi dan sejumlah relawan, pesawat juga membawa 26 WNI dan empat WNA yang merupakan suami WNI," ujar Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal di Bandara Halim, Jakarta Timur, Rabu (6/5/2015) malam.

Sebagian besar WNI yang selamat dari gempa di Nepal telah pulang menggunakan pesawat komersil. Sebagian lainnya memilih tetap tinggal dan membantu operasi kemanusiaan di Nepal. Salah satunya Duta Besar Indonesia untuk Bangladesh dan Nepal Iwan Wiranataatmadja.

Dubes Iwan ditemani bersama tim yang terdiri dari Kemlu, BNPB, anggota Paskhas TNI AU yang memiliki kualifikasi SAR, relawan dan wakil dari Taruna Hiking Club (THC) akan tetap berada di Kathmandu untuk waktu terbatas.

Tim ini akan melanjutkan upaya pemberian bantuan kemanusiaan dan memberikan dukungan bagi upaya search and rescue (SAR) yang akan dilakukan Angkatan Bersenjata Nepal. Gempa berkekuatan 7,9 skala Richter mengguncang Nepal 25 April 2015.
 


(ALB)

Komentar Fakhri Usai Timnas U-16 Kalahkan Thailand
Kualifikasi Piala Asia U-16 2018

Komentar Fakhri Usai Timnas U-16 Kalahkan Thailand

6 hours Ago

Pelatih Indonesia U-16 Fakhri Husaini mengaku bangga timnya bisa meraih kemenangan tersebut. Ia…

BERITA LAINNYA
Video /