10 Hal yang Perlu Diketahui Jika Kekasih Anda Penderita OCD

   •    07 Mei 2015 11:35 WIB
romansa
10 Hal yang Perlu Diketahui Jika Kekasih Anda Penderita OCD
Penderita OCD selalu ingin bersih. (Foto:idiva.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda sedang menjalin asmara dengan seseorang yang memiliki penyakit Obsessive Compulsive Disorder atau OCD? Jika ya, berhubungan dengan seorang penderita OCD mungkin cukup melelahkan dan menjengkelkan bagi Anda. 

OCD adalah penyakit yang menyebabkan seseorang memiliki keinginan atau obsesi dan dorongan untuk mengulang-ulang perilaku tertentu (kompulsif) berkali-kali.

Kadang, mereka mengetahui bahwa obsesi dan kompulsifnya tidak masuk akal, tetapi mereka tidak bisa menghentikannya karena jika mereka tidak melakukannya, mereka akan merasa gelisah atau cemas. Penyakit ini bisa menganggu kehidupan Anda baik dalam segi hubungan, pekerjaan ataupun pendidikan.

Jika Anda jatuh cinta atau sedang menjalin hubungan dengan seorang penderita OCD, ada beberapa hal yang harus diketahui dan Anda ingat. Berikut 10 hal yang perlu diketahui dari seorang penderita OCD.

1. Mereka tidak bisa mengendalikan diri
Otak seorang OCD terkunci sehingga mereka tidak bisa menjalankan tugas-tugas dengan kecepatan normal. Mereka bukan tidak ingin berhenti, tapi sekeras apa pun mereka mencoba, mereka tidak akan bisa mengendalikan diri mereka.

2. Mereka tidak bisa berhenti memeriksa
Seseorang dengan OCD tidak akan pernah percaya dan selalu lupa apakah mereka sudah pintu kamar, mematikan kompor, atau hal-hal lainnya. Mereka akan selalu memeriksa dan terus memeriksa sampai mereka benar-benar yakin.

3. Mereka takut menjadi khawatir
Meski rasa khawatir sebenarnya tidak terlalu buruk, namun orang-orang penderita OCD akan sangat terganggu dan takut akan hal ini. Mereka akan cemas ketika mengkhawatirkan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dicemaskan.

4. Mereka menghindari benda-benda, situasi, atau lingkungan tertentu
dari seseorang, tempat, atau hal apa pun dapat memicu amarah dan merusak pikiran mereka. Mereka takut untuk menjadi obsesif, itulah sebabnya penderita OCD selalu menjaga jarak dari orang-orang di lingkungan sekitar.

5. Hidup dengan keraguan, ketidaknyamanan dan ketidakpastian
Sikap mereka yang selalu memeriksa karena kurang yakin, takut menjadi khawatir dan keragu-raguan pada akhirnya membuat mereka cemas dan dan kesusahan. Ketidakpastian inilah yang pada akhirnya membuat hidup mereka menjadi tidak nyaman dan tidak tenang.

6. Mereka perlu diyakinkan
Orang normal umumnya akan mudah luluh dan tenang ketika ada seseorang yang menghibur mereka di saat-saat sulit. Namun, penderita OCD tidak akan mudah ditenangkan hanya dengan satu kalimat seperti, "semuanya akan baik-baik saja." Mereka harus diyakinkan berulang kali sampai mereka benar-benar yakin.

7. Mereka tidak akan menggunakan kamar mandi umum
Karena penderita OCD sangat mementingkan kenyamanan dan kebersihan, mereka tidak akan pernah mau menggunakan kamar mandi yang dipakai oleh orang banyak. Bahkan jika mereka harus melakukan itu, mereka akan menunggu sampai mereka mendapatkan kamar mandi yang mereka anggap nyaman dan sesuai dengan yang mereka inginkan.

8. Mereka sangat teliti dan hati-hati
Karena mereka sangat takut untuk jatuh sakit, mereka akan sangat memperhatikan apa pun yang akan masuk ke mulut mereka. Bahkan mungkin dibutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk memeriksa dan mempersiapkan makanan sebelum mereka menggigit dan melahapnya.

9. Mereka takut sakit
Penderita OCD akan sangat takut jika suatu saat mereka memiliki penyakit yang mereka baca atau mereka dengar. Ketika mereka terlalu memikirkan tentang hal ini, mereka akan cenderung menjadi murung dan tidak tenang.

10. Mereka tidak pernah merasa cukup bersih
Penderita OCD memiliki sifat yang selalu menuntut kesempurnaan dan ingin selalu terlihat besih. Mereka selalu merasa bahwa apa yang mereka kenakan atau hal-hal yang ada di sekitar mereka tidak cukup bersih. itulah sebabnya kebanyakan dari mereka selalu berulang kali membersihkan diri mereka. (Ningtriasih/Lifehack)


(LOV)

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

2 hours Ago

Dukungan untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga melawan Thailand di partai puncak Piala AFF 2…

BERITA LAINNYA
Video /