Tommy Soeharto Minta Golkar Kembali ke Poros Rakyat

   •    07 Mei 2015 13:44 WIB
partai golkar
Tommy Soeharto Minta Golkar Kembali ke Poros Rakyat
Twitt Tommy Soeharto di akun pribadinya, @HutomoMP_9.Twitter/Dok

Metrotvnews.com, Jakarta: Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto tak ingin melihat Partai Golkar terus-terusan terbelah. Putra bungsu Presiden ke-2 Soeharto itu mau "partai beringin" kembali ke khitahnya: poros rakyat.

"Partai Golkar harus kembali pada porosnya sebagai poros rakyat," cuit Tommy di akun Twitter-nya, @HutomoMP_9, Kamis (7/5/2015).

Menurut pria yang ketika ayahnya berkuasa disebut "Pangeran Cendana" itu, Golkar bukan poros kubu atau poros kepentingan kader yang sok kuasa. Tommy mengibaratkan kader yang sok kuasa itu sebagai kelelawar.

"Mereka yang sibuk berebut ibarat kelelawar yang numpang menginap di siang hari sekaligus buang hajat, kemudian saat malam hari pergi cari makan di tempat lain dengan mengatasnamakan tempat mereka menginap di siang hari," tulis Tommy lagi.

Tommy, lewat kakaknya Siti Hediati Hariyadi, dikabarkan pernah menawarkan opsi untuk menyatukan kubu bertikai di Golkar. Caranya: musyawarah luar biasa (munaslub).

Tapi, niat Tommy tampaknya belum dilirik meski dia dikabarkan sudah bertemu dengan Akbar Tandjung dan Aburizal Bakrie. Belum apa-apa saja kubu Agung Laksono sudah membentengi diri dengan menyebut: munaslub Golkar keniscayaan.

Partai penguasa Orde Baru itu sampai kini terbagi dua antara Aburizal cs di satu sisi dan Agung Laksono di sisi lain. Berbagai usaha ditempuh masing-masing kelompok demi menasbihkan sebagai yang sah di Golkar.

Pemerintah lewat Menkumham Yasonna Laoly condong merestui Golkar kubu Agung. Berbagai pemangku kepentingan di partai yang lahir di masa Orba itu juga sudah berulangkali menyarankan ke dua kubu islah. Tapi, semua mentah.

Perebutan kekuasaan di Golkar kini tengah disengketakan di Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta. Keputusan pengadilan dijadwalkan keluar dua pekan ke depan.


(ICH)

Video /