Konsep Operasional APTB Perlu Dikaji Ulang

Gana Buana    •    08 Mei 2015 09:22 WIB
aptb dihapus
Konsep Operasional APTB Perlu Dikaji Ulang
Bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB). (Foto: MI/Immanuel)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dinilai harus mengubah konsep Angkutan Perbatasan Terintegerasi Busway (APTB). Sebab, APTB harusnya hanya beroperasi sebagai bus pengumpan yang mengangkut warga daerah penyangga ke wilayah perbatasan Ibu Kota.
 
"Operasionalnya sudah salah, harusnya hanya menjadi pengantar warga dan hanya bayar satu kali saat berangkat dari wilayah penyangga," kata Pengamat Transportasi Publik Dharmaningtyas, ketika dihubungi, Jumat (8/5/2015).
 
Menurutnya, bila bus APTB hanya beroperasi sampai ujung wilayah Jakarta, maka warga akan terbebani oleh ongkos bus. Pemeritah harus memperjuangkan bagaimana warga dapat menikmati layanan transportasi dengan tarif Bus TransJakarta.
 
"Tarif bus APTB memang lebih mahal dibandingkan bus umum reguler lainnya, kalau TrasnJakarta cukup Rp 3500," ujarnya.
 
Dirinya berharap pemerintah pusat memberikan subsidi ke operator APTB seperti yang dilakukan pada kereta listrik. Sehingga jaringan operasional APTB tidak menjadi beban warga di daerah penyangga.
 
Berdasarkan data Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Penumpang APTB dari wilayah Bekasi masih tinggi. Ada 4 ribu penumpang perhari yang menggunakan APTB.


(FZN)

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

2 hours Ago

Dukungan untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga melawan Thailand di partai puncak Piala AFF 2…

BERITA LAINNYA
Video /