AMD Kembali Masuk ke Pasar Data Center dengan Prosesor Terbaru

Riandanu Madi Utomo    •    08 Mei 2015 11:23 WIB
amd
AMD Kembali Masuk ke Pasar Data Center dengan Prosesor Terbaru
AMD akan hadirkan datacenter dengan prosesor Zen di tahun 2017

Metrotvnews.com: Sebagai bagian dari rencana perombakan organisasi bisnis AMD yang dimulai sejak tahun lalu, banyak dari cabang bisnis mereka yang telah menjadi sebuah divisi mandiri. Salah satunya adalah pembentukan divisi Enterprise, Embedded, dan Semi-Custom Business (EESC).

Setelah berjalan selama beberapa kuartal, Forrest Norrod, Senior VR and General Manager EESC, pun sempat membeberkan berbagai rencana divisinya untuk dua tahun ke depan secara spesifik pada acara Financial Analyst Day 2015, kemarin (7/5/2015).

Dalam presentasinya, Forrest menjelaskan bahwa bisnis embedded dan semi-custom telah menjadi bagian yang penting dari perjalanan AMD. Untuk kali ini, AMD akan berfokus pada pengembangan produk berupa data center yang telah direncanakan oleh Forrest dan timnya.



Pada rencana pengembangan produk data center, AMD akan berfokus pada tiga hal. Pertama adalah di sisi prosesor yang digunakan. AMD mengatakan, mereka akan menggunakan prosesor dengan arsitektur terbaru ARM K12, yaitu prosesor x86 Zen.

Zen adalah prosesor baru AMD yang diumumkan bersamaan pada acara Financial Analyst Day 2015. Prosesor baru tersebut diklaim memiliki kinerja dan performa yang jauh lebih tinggi dari arsitektur saat ini, dan diprediksi akan memperkuat posisi AMD di persaingan prosesor x86.

Melihat prosesor Zen untuk PC akan dirilis dalam waktu dekat, maka kemungkinan besar prosesor tersebut juga tidak lama lagi akan mendarat di segmen data center. Sementara menunggu kehadiran Zen, AMD akan menggulirkan produk data center dengan prosesor Opteron A1100 “Seattle”, yang akan diikuti oleh data center dengan prosesor Zen di tahun 2017 mendatang.

AMD juga berencana akan memfokuskan produk data center dengan prosesor yang menggunakan arsitektur ARM yang memiliki kapasitas native I/O dan performa yang tinggi.



Untuk chip grafisnya, AMD masih akan menggunakan seri FirePro untuk data centeR. AMD memang teelah memiliki portfolio yang cukup baik dalam hal penggunaan chip grafis FirePro, sehingga wajar jika kali ini AMD mengharapkan penggunaan chip grafis ini akan mendongkrak penjualan produk data center-nya.

FirePro sendiri merupakan chip grafis yang didesain untuk keperluan high performance computing (HPC) serta virtual desktop initiative (VDI).

Uniknya, kali ini AMD akan menghadirkan teknologi prosesor APU-nya di ranah datac enter. APU yang ada di data center akan mirip seperti APU yang digunakan AMD di PC. APU seri tersebut pun nantinya juga dapat digunakan pada workstation.



Ambisi dari AMD di ranah data ceenter memang tergolong sangat besar dan agresif, namun seemuanya masih bergantung pada eksekusi. (anandtech)


(ABE)

Tiga Pemain Indonesia Masuk Skuat Terbaik Semifinal Piala AFF
Indonesia menuju juara Piala AFF 2016

Tiga Pemain Indonesia Masuk Skuat Terbaik Semifinal Piala AFF

20 minutes Ago

Tiga pemain timnas Indonesia masuk dalam skuat terbaik semifinal Piala AFF.…

BERITA LAINNYA
Video /