Komponen Motor Balap

Transmisi Tanpa Jeda milik Aprilia, Progres Terlihat Jelas

Ainto Harry Budiawan    •    08 Mei 2015 13:44 WIB
aprilia
Transmisi Tanpa Jeda milik Aprilia, Progres Terlihat Jelas
Sistem transmisi Aprilia di RSV-4. Ilustrasi: Multibody

Metrotvnews.com: Setelah seri MotoGP Jerez, Spanyol akhir pekan lalu, seluruh peserta kelas MotoGP tetap bertahan di sirkuit melakukan serangkaian tes di musim berjalan. Banyak perubahan yang dibawa oleh tim, termasuk komponen yang sebelumnya masih menjalani riset sebelum musim berjalan lalu.

Tim yang mengandalkan Alvaro Bautista dan Marco Melandri yaitu Aspar Aprilia Racing, memilih melakukan uji coba transmisi alias girboks seamless (tanpa jeda), untuk pertama kalinya. Komponen ini memang masih sangat baru terpasang di motor mereka. Hasilnya pun menggembirakan, catatan waktu Bautista merapat ke 10 pembalap tercepat. Ia menempati posisi ke-11 di tes Jerez. Padahal posisi terbaik yang bisa diraih Bautista di sesi kualifikasi dengan motor Aprilia RS-GP versi sebelumnya, tidak lebih baik dari posisi start di grid 15.

"Ini sangat positif, untuk pertama kalinya kami menggunakan teknologi girboks seamless yang akan jadi solusi tim ini lebih cepat dilintasan," papar Romano Albesiano, sebagai Manager tim Aprilia Racing. Bautista sendiri terpaut 1.258 detik dari Jorge Lorenzo yang merupakan pembalap tercepat pada tes Jerez.

"Alvaro sangat menyukainya, karena bisa lebih cepat saat trek lurus dibandingkan dengan menggunakan girboks konvensional. Sekarang berarti kami harus kembali bekerja sebelum girboks ini digunakan saat balapan," sambung Romano.

Tim pabrikan Honda, Yamaha dan Ducati telah lebih dulu menggunakan girboks seamless ini untuk perpindahan gigi lebih cepat. Hanya Aprilia dan Suzuki saja yang belum menggunakannya hingga saat ini.

Namun prototipe awal transmisi tanpa jeda itu, masih akan mengalami serangkaian ujicoba dan belum dipakai di seri mendatang. Ada beberapa kelemahan yang menurut Bautista masih jadi masalahnya. Yaitu saat melakukan deselerasi, transmisi ini dinilai masih belum sempurna seperti penilaiannya saat oper gigi ketas. Jadi wajar jika Aprilia masih ogah menggunakannya di balapan resmi.


(UDA)

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor
Semifinal Leg 1 Piala AFF 2016: Indonesia vs Vietnam

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor

1 hour Ago

PSSI dan ketua Panpel laga Indonesia versus Vietnam memberikan penjelasan mengenai pendistribus…

BERITA LAINNYA
Video /