Pesimistis, Sofjan Wanandi Yakin Ekonomi Hanya Tumbuh 5,2%

Husen Miftahudin    •    08 Mei 2015 14:25 WIB
pertumbuhan ekonomi
Pesimistis, Sofjan Wanandi Yakin Ekonomi Hanya Tumbuh 5,2%
Sofyan Wanandi (Foto: MI/GINO F HADI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi meyakini, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini tak akan capai target yang ditetapkan oleh pemerintah. Menurut dia, target sebesar 5,7 persen berat bagi semua pihak, baik pemerintah maupun pengusaha untuk mencapainya.

"Kita ini dulu percaya bahwa pemerintah bilang tahun ini perekonomian akan tumbuh 5,7 persen. Tiba-tiba prediksi pemerintah dan BI meleset, dan hanya 4,71 persen. Kita kan kaget, pantas ekonomi kita susah dan jualannya pun susah," ujar Sofjan, ditemui Jalan Dr Sutomo, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (8/5/2015).

Maka itu, lanjut Sofjan, pemerintah dan pengusaha harus menggunakan data Sensus Ekonomi Nasional untuk mengetahui kekurangan yang dimiliki saat ini. Selain itu, dengan sensus tersebut, pemerintah juga bisa menentukan langkah dalam menyusun strategi nasional agar pertumbuhan ekonomi tetap berada di jalur aman.

"Data ini yang kita bisa dapatkan dari BPS, apalagi akan di update tiap bulan. Jadi kita tidak dikaget-kagetkan kalau angka (prediksi pertumbuhan ekonomi) itu tidak tercapai," papar Sofjan.

Ia mengungkapkan, dengan data ini, dirinya yakin bahwa perekonomian Indonesia masih bisa bernapas meski tak mencapai target yang ditetapkan. Ia menyebut, secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini hanya berkisar antara 5,2-5,4 persen.

"Dengan data ini, kita yakin bahwa perekonomian akan tumbuh sekitar 5,2-5,4 persen, tetapi tidak capai 5,7 persen yang kita telah menghitungnya melalui berbagai indikator. Maka itu, kita perlu fakta dari data BPS agar kita bisa menyusun langkah agar pertumbuhan ekonomi kita bisa meningkat," pungkas Sofjan.

Seperti diketahui, BPS melaporkan bahwa perekonomian Indonesia pada kuartal I-2015 ini melempem akibat daya beli masyarakat yang menurun. Berdasarkan data, pertumbuhan ekonomi pada triwulan I-2015 hanya mampu bergerak di angka 4,71 persen atau lebih rendah 0,31 persen dibanding triwulan IV-2014 yang mencapai angka sebesar 5,02 persen.


(ABD)


<i>Youngster</i> Roma Belum <i>Move On </i>dari Liga Champions

Youngster Roma Belum Move On dari Liga Champions

14 hours Ago

Cengiz Under merasa AS Roma dicurangi oleh wasit pada partai semifinal Liga Champions melawan L…

BERITA LAINNYA
Video /