KPK Tak Tahu BW Praperadilankan Bareskrim

Meilikhah    •    08 Mei 2015 18:18 WIB
bambang widjojanto tersangka
KPK Tak Tahu BW Praperadilankan Bareskrim
Ilustrasi--MI/Atet Dwi Pramadia

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua nonaktif KPK Bambang Widjojanto (BW) resmi mendaftarkan gugatan praperadilan terkait penetapan tersangka dan penangkapannya oleh Bareskrim Polri. KPK mengaku belum mengetahui soal hal tersebut.

"Kalau itu saya belum tahu. Saya tanya dulu apa benar ada upaya praperadilan dari pak BW," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Priharsa Nugraha di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (8/5/2015).

Hari ini, Kuasa Hukum BW, Usman Hamid secara resmi mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Gugatan ini dilayangkan setelah ada putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap Pasal 77 huruf a Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), yang menyebutkan bahwa penetapan tersangka merupakan objek peraperadilan.

Mahkamah berpendapat, KUHAP tidak memiliki check and balance system atas tindakan penetapan tersangka oleh penyidik karena tidak adanya mekanisme pengujian atas keabsahan perolehan alat bukti.

Selain mempermasalahkan penetapan tersangka, BW juga akan menggugat proses penangkapannya oleh penyidik Bareskrim. "Status dia sebagai tersangka, proses penangkapan dan semuanya (digugat)," kata Usman.

BW ditetapkan sebagai tersangka dugaan mengarahkan saksi memberikan keterangan palsu dalam persidangan sengketa Pilkada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, di Mahkamah Konstitusi pada 2010.

Bareskrim juga menangkap BW usai mengantar anaknya sekolah di Jalan Kompleks Timah, Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok. Ia langsung dibawa ke Gedung Bareskrim Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Setelah menjalani pemeriksaan, Widjojanto ditetapkan sebagai tersangka. Ia diduga melanggar Pasal 242 KUHP juncto Pasal 55 KUHP, Pasal 242 ayat (1) dan Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-2 KUHP, dan Pasal 56 KUHP.


(YDH)

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor
Semifinal Leg 1 Piala AFF 2016: Indonesia vs Vietnam

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor

1 hour Ago

PSSI dan ketua Panpel laga Indonesia versus Vietnam memberikan penjelasan mengenai pendistribus…

BERITA LAINNYA
Video /