Kementerian ESDM Buat Kajian Soal PLTS Rooftop

Annisa ayu artanti    •    08 Mei 2015 18:26 WIB
plts
Kementerian ESDM Buat Kajian Soal PLTS <i>Rooftop</i>
Panel surya. Antara/Fiqman Sunandar

Metrotvnews.com, Jakarta: PT PLN (Persero) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat ini tengah mengkaji pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) rooftop.

Menurut Kepala Pusat Komunikasi Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, pemerintah akan mendorong masyarakat memproduksi listrik di rumahnya sendiri melalui PLTS yang dipasang di atap rumah (rooftop), dimana nantinya produksi listrik tersebut bisa dijual ke PT PLN (Persero).

"Kalau siang, kalau berlebih bisa dijual ke PT PLN," kata Dadan, ditemui di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (8/5/2015).

Menurut Dadan, saat ini Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana, sedang merancang mekanisme yang akan diterapkan pada PLTS rooftop.

"Pak Rida akan menyusun bagaimana bisa membantu supaya lebih menarik secara keekonomian. Sekarang baru selesai kajian, kan harus dikaji dari regulasi, harga, bagaimana jual-belinya," papar dia.
 
Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk memasang PLTS, investasi yang harus dikeluarkan sekitar USD3 ribu-USD5 ribu untuk 1 Kilowatt (KW), dengan minimal pemasangan 2.000 sampai 4.000 watt.

Meski masih terbilang mahal, dia mengungkapkan, manfaat yang dihasilkan PLTS tersebut cukup besar, yang baru akan terasa dalam jangka panjang.

"Tapi itu bisa dipakai 25 tahun. Itu umur teknisnya dan sudah terbukti. Pasang di Lombok tahun 1984 PLTS sampai sekarang masih hidup. Itu untuk rumah-rumah," pungkasnya.


(WID)

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor
Semifinal Leg 1 Piala AFF 2016: Indonesia vs Vietnam

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor

57 minutes Ago

PSSI dan ketua Panpel laga Indonesia versus Vietnam memberikan penjelasan mengenai pendistribus…

BERITA LAINNYA
Video /