Potensi Konflik Parpol Bersengketa Dipetakan

Arif Hulwan    •    08 Mei 2015 19:08 WIB
partai politik
Potensi Konflik Parpol Bersengketa Dipetakan
Muhammad. Foto: Ramdani/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasus di Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014 lalu didominasi sengketa pemilu. Administrasi jadi kelemahan parpol ataupun peserta pemilu. Hal itu jadi bahan pelajaran Badan Pengawas Pemilu. Terutama saat konflik partai tak kunjung tuntas.

Ketua Bawaslu Muhammad mencontohkan kasus-kasus itu di antaranya adalah partai yang tak memenuhi syarat keikutsertaan pemilu, dan calon yang dicoret KPU lantaran tak menyetor laporan dana kampanye tepat waktu. Ia sendiri tak menyebut angka pastinya.

Untuk sengketa di Pilkada serentak 2015 dan pemilu-pemilu selanjutnya, ia mengaku telah memetakan potensi itu. Sebab, sengketa partai politik masih terjadi di tubuh Partai Golkar dan PPP.

"Sudah kita hitung, sudah kita coba melihat titik-titik rawan dimana. Semua plan sudah kita hitung. Cuma tidak perlu kita sampaikan dulu karena kita lihat UU-nya seperti apa," kata Muhammad saat penyerahan data sengketa pemilu dari Arsip Negara Republik Indonesia (ANRI), di kantornya, Jakarta, Jumat (8/5).

Ia sendiri enggan menanggapi terlalu jauh soal Peraturan KPU tentang pencalonan. PKPU itu mensyaratkan adanya putusan tetap dari pengadilan atau islah bagi partai yang tengah berkonflik kepengurusan yang hendak mengikuti pilkada serentak.

Walau demikian, pihaknya mengaku diajak berkonsultasi oleh KPU tentang aturan itu sebelum Ketua KPU Husni Kamil Manik dan jajaran Komisioner KPU lainnya menyambangi ruang Komisi II DPR yang mempermasalahkan PKPU itu.

"Kalau sudah jadi keputusan KPU sebagai (pemegang) kewenangan teknis, ya kita mengawal aja, mengawasi aja pelaksanaannya. Kalau ternyata ada wacana merubah lagi (aturannya) ya kita lihat lagi," kata Muhammad.


(KRI)

Tiga Pemain Indonesia Masuk Skuat Terbaik Semifinal Piala AFF
Indonesia menuju juara Piala AFF 2016

Tiga Pemain Indonesia Masuk Skuat Terbaik Semifinal Piala AFF

13 minutes Ago

Tiga pemain timnas Indonesia masuk dalam skuat terbaik semifinal Piala AFF.…

BERITA LAINNYA
Video /