Alasan BW Praperadilankan Bareskrim Polri

Meilikhah    •    08 Mei 2015 20:21 WIB
bambang widjojanto ditangkap
 Alasan BW Praperadilankan Bareskrim Polri
Wakil Ketua KPK non aktif Bambang Widjojanto (BW) keluar ruangan usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim, Jakarta Selatan, Kamis (23/4). (Foto: MI/ATET DWI PRAMADIA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua KPK nonaktif Bambang Widjijanto (BW) resmi mendaftarkan gugatan praperadilan terhadap Bareskrim Polri ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Selain penetapan tersangka yang dinilai janggal, ada alasan lain yang membuat BW akhirnya melayangkan permohonan tersebut.

"Putusan MK (Mahkamah Konstitusi) sudah membuka ruang. Tidak hanya penetapan tersangka, uraiannya penangkapan, penetapan tersangka, dan penggeledahan," kata Kuasa Hukum BW, Bahrain, saat dikonfirmasi, Jumat (8/5/2015).

Bahrain menilai, penetapan BW sebagai tersangka tidak sah. Sebabnya, pasal yang digunakan untuk menjerat BW kerap berubah-ubah. Hal itu, kata dia, terjadi mulai dari penetapan tersangka hingga penggeledahan.

"Pasal-pasal yang dituduhkan dan menggunakan sprindik (Surat Perintah Penyidikan) yang beda dengan pasal yang ada di surat sprindik, surat penangkapan dan pemanggilan," jelas Bahrain.

Bambang Widjojanto merupakan tersangka di Bareskrim Polri. Dia diduga memberi perintah seorang saksi untuk menyampaikan keterangan palsu dalam persidangan sengketa Pilkada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, di MK pada 2010 silam.

Bareskrim menangkap BW usai mengantar anaknya sekolah di Jalan Kompleks Timah, Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok pada Jumat, 23 Januari 2015. Dia kemudian langsung dibawa ke Gedung Bareskrim Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Setelah menjalani pemeriksaan, Widjojanto langsung ditetapkan sebagai tersangka. Dia diduga melanggar Pasal 242 KUHP juncto Pasal 55 KUHP, Pasal 242 ayat (1) dan Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-2 KUHP, dan Pasal 56 KUHP.


(OGI)

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor
Semifinal Leg 1 Piala AFF 2016: Indonesia vs Vietnam

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor

49 minutes Ago

PSSI dan ketua Panpel laga Indonesia versus Vietnam memberikan penjelasan mengenai pendistribus…

BERITA LAINNYA
Video /