Menteri Desa Teken MoU dengan Dua Menteri terkait Lahan Transmigrasi

Aedy azeza ulfi    •    09 Mei 2015 06:17 WIB
tanah
Menteri Desa Teken MoU dengan Dua Menteri terkait Lahan Transmigrasi
Menteri Desa, Pembangun Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Desa, Pembangun Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan. Ketiganya bermaksud mengatasi masalah yang muncul terkait lahan transmigrasi.

"MoU ini diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan sengketa tanah," kata Marwan Jafar dalam keterangan yang diterima Jumat (8/5/2015).

Marwan menjelaskan, hal ini terkait penyelesaian persetujuan prinsip pelepasan kawasan hutan pada 354 lokasi di 24 provinsi. "Tumpang tindih peruntukkan pada 40 lokasi di 31 Kabupaten, penyelesaian hak pengelolaan transmigrasi di 260.982,88 Ha serta masih adanya tunggakan penyelesaian penerbitan sertifikat hak milik 340.940 bidang,” papar Menteri Marwan.

Menurut dia, MoU ini bisa punya imbas positif terhadap transmigrasi. Dia menerangkan program transmigrasi selam ini telah berkontribusi membentuk 2 provinsi, 104 Kabupaten/Kota, 385 Kecamatan dan 1.183 Desa dan dapat menjadi salah satu solusi untuk terlaksananya distribusi lahan yang berkeadilan sekaligus mendukung ketersediaan pangan nasional.

Dengan adanya kesepakatan bersama dengan tiga kementerian, Marwan berharap semua permasalahan terkait dengan kawasan hutan, distribusi lahan, dan sinkronisasi tata ruang bisa cepat selesai. Kawasan transmigrasi bisa menjadi kawasan yang strategis dan cepat tumbuh dengan berbagai pola usaha yang dikembangan seperti pangan, perkebunan, perikanan dan jasa industri.

"Untuk itu diperlukan dukungan pelepasan kawasan hutan disamping percepatan penerbitan beban sertifikat hak milik,” ucap dia.


(OGI)

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

2 hours Ago

Dukungan untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga melawan Thailand di partai puncak Piala AFF 2…

BERITA LAINNYA
Video /