Wacana Reshuffle, Latar Belakang Menteri tak Jadi Masalah

Aedy azeza ulfi    •    09 Mei 2015 10:49 WIB
reshuffle kabinet
Wacana <i>Reshuffle,</i> Latar Belakang Menteri tak Jadi Masalah
Presiden Joko Widodo (berdiri) dan Wapres Jusuf Kalla (tengah) memimpin rapat paripurna bersama Menteri Kabinet Kerja, di Istana Negara, Jakarta, Senin (13/4). (Foto: ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wacana reshuffle Kabinet Kerja kian mengalir kencang. Komposisi antara menteri dari kalangan profesional dan partai bisa berubah. Apakah latar belakang menteri masih layak untuk dipertimbangkan dalam perombakan kabinet ke depan?

Direktur Eksekutif The Political Litercy Institute Gun Gun Heryanto menilai, asal menteri bukan lagi masalah utama. Bagi dia, komposisi 18 menteri dari kalangan profesional dan 16 menteri dari partai seperti saat ini sudah tak jadi soal.

"Saya 16-18 atau dibalik saya tidak masalah, memang yang dituntut publik itu sistem meritokrasi pemilihan," kata Gun Gun kepada Metrotvnews.com, Sabtu (9/5/2015).

Menurut dia, yang lebih perlu diperhatikan dalam menyusunan ulang para pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah masalah kinerja dan prestasi. Menteri yang punya kinerja yang baik, kata dia, layak dipertahankan.

Gun Gun menilai, kendati Jokowi harus mengganti seorang menteri, dia perlu menitikberatkan pada prestasi sang pengganti. Bukan latar belakangnya. "Lebih kepada apakah menteri itu punya kinerja baik atau tidak sehingga basisnya itu indeks kinerja. Jika dari politikus pun dan punya background profesional, tidak semata-mata kocok ulang karena tekanan politik, suka atau tidak," papar dia.

Partai politik, lanjut dia, diminta tak memanfaatkan wacana reshuffle ini untuk mengajukan kadernya sebagai calon menteri. Dia meminta, baik Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih, tidak menggoda Jokowi dalam menentukan komposisi menteri di kemudian hari. "Masalah menteri itu hak prerogratif presiden. Tidak boleh karena tekanan politik," pungkas dia.

 


(OGI)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

14 hours Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /