Jokowi Ampuni Lima Tapol di Papua

Anggi Hasibuan    •    09 Mei 2015 11:24 WIB
Jokowi Ampuni Lima Tapol di Papua

Metrotvnews.com, Jayapura: Lima orang tahanan politik yang sedang menjani hukuman di LP Wamena, Papua, mendapatkan grasi dari Presiden Jokowi. Pengampunan ini akan diberikan untuk sebagian sisa masa hukuman yang harus mereka jalani.

"Hari ini akan dibebaskan dan akan dilanjutkan dengan pemberian amnesti secara menyeluruh kepada tapol," Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno.

Ini disampaikan disela-sela mendampingi Presiden Jokowi berkunjung ke Lapas Abepura, Jayapura, Papua, Sabtu (9/5/2015). Sebenarnya ada enam orang tapol yang memohonkan grasi kepada Presiden Jokowi, namun satu di antaranya sudah meninggal dunia di dalam tahanan.

Lima orang tapol yang mendapatkan pengampunan dari Presiden Jokowi adalah Apotnalogolik Lokobal (penjara 20 tahun), Numbungga Telenggen (penjara seumur hidup), Kimanus Wenda (penjara 19 tahun), Linus Hiluka (penjara 19 tahun) and Jefrai Murib (penjara seumur hidup). 

Menko Tedjo menegaskan grasi hanya diberikan kepada narapidana kasus politik. Bukan untuk narapidana yang divonis dalam kasus kekerasan dan kriminal.

"Grasi untuk terpidana mati? Belum ada sampai sekarang, urusannya nanti saja," jawab Tedjo ditanya tentang grasi untuk terpidana hukuman mati.

Acara kunjungan ke lapas dan pemberian grasi ini sebelumnya tidak ada dalam jadwal agenda Presiden Jokowi. Agenda utama kunjungan kerja Presiden Jokowi di Jayapura adalah peletakan batu pertama pembangunan kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), jembatan layang dan arena PON 2020. 

Jokowi juga menyempatkan berkunjung ke Pasar Sentani, Jayapura Selatan, Jayapura. Pembangunan pasar itu diresmikannya pada Desember 2014 dan saat perkembangannya baru 10 persen dari total bangunan yang direncanakan. 

Proyek pembangunan Pasar Sentani senilai Rp 119 milyar dibiayai oleh APBD dan APBN serta dana bantuan presiden. Anggaran sebesar itu sudah menyusut dari Rp 216 milyar yang direncanakan semula.

 
(LHE)

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor
Semifinal Leg 1 Piala AFF 2016: Indonesia vs Vietnam

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor

1 hour Ago

PSSI dan ketua Panpel laga Indonesia versus Vietnam memberikan penjelasan mengenai pendistribus…

BERITA LAINNYA
Video /