WISE, Aplikasi untuk Tingkatkan Literasi Keuangan Wanita

Ellavie Ichlasa Amalia    •    09 Mei 2015 15:43 WIB
aplikasi
WISE, Aplikasi untuk Tingkatkan Literasi Keuangan Wanita
Saat peluncuran WISE.

Metrotvnews.com, Jakarta: Berlokasi di Gandaria City, Commonwealth Bank Indonesia meluncurkan sebuah aplikasi baru khusus untuk wanita, WISE. Aplikasi ini merupakan bagian dari gerakan WISE yang merupakan gerakan yang bertujuan untuk membuat wanita semakin sadar cara untuk mengelola keuangan yang baik. Aplikasi ini seharusnya sudah dapat diunduh pada Google Play Store dan Apple AppStore.

Commonwealth Bank Indonesia memiliki inisiatif untuk mengeluarkan aplikasi ini karena tingkat literasi keuangan wanita Indonesia yang masih rendah, yaitu hanya sekitar 18,84 persen. Padahal, 87 persen perempuan bertanggung jawab atas keuangan keluarga sementara 33 persen di antara mereka bahkan memiliki usaha kecil. Dengan munculnya aplikasi ini, yang disebutkan sebagai aplikasi "dari wanita untuk wanita", diharapkan para wanita Indonesia dapat mengatur keuangan dengan lebih baik.

Commonwealth menyebutkan bahwa aplikasi ini bukan aplikasi untuk menjual produkk keuangan. Mereka berharap dengan aplikasi ini, para wanita Indonesia akan lebih mengerti kegunaan sebenarnya dari produk dan layanan yang ditawarkan bank, perusahaan asuransi ataupun perusahaan keuangan lainnya.

Meskipun tujuan utamanya untuk meningkatkan jumlah wanita yang mengerti mengenai cara mengelola keuangan, tetapi aplikasi ini tidak melulu membahas masalah keuangan. Di sini, para wanita juga dapat saling berbagi dan berdiskusi mengenai berbagai hal seperti fesyen, kecantikan, kesehatan dan gaya hidup. Aplikasi ini memiliki materi konten yang dapat membantu para wanita untuk merencanakan keuangan dengan lebih baik dan forum di mana para pengguna dapat saling bertukar cerita.


(ABE)

Video /