Jokowi: Lintas Papua Harus Tuntas 2019

   •    09 Mei 2015 13:59 WIB
papua
Jokowi: Lintas Papua Harus Tuntas 2019
Presiden Jokowi bersiap meletakkan batu pertama proyek jalan layang Hotekam. (foto: Anggi)

Metrotvnews.com, Jayapura: Setelah sekian lama direncanakan, akhirnya proyek jalan lintas Papua dimulai pembangunannya. Lima tahun ke depan, isolasi jalur darat di sebagian besar dapat ditembus. 

Demikian kata Presiden Jokowi dalam peletakan batu pertama jalan layang Hotekam di Jayapura Selatan, Sabtu (9/5/2015). Jalan lintas dan layang adalah bagian proyek infrastruktur jalur darat yang menelan biaya Rp 6 trilyun tersebut.

"2019 harus sudah tembus semuanya untuk meningkatkan ekonomi Papua," ujar. Jokowi.

"Tadi saya tanya ke Pak Menteri PU, katanya masih ada hambatan di sana-sini. Jadi targetnya semua sudah tersambung pada 2019," jelas Jokowi tentang tenggat waktu penyelesaian yg bersamaan dengan tahun akhir masa jabatannya sebagai Presiden RI.

Pembangunan jalan layang Hotekam yang nilainya Rp 1,7 trilyun dibiayai oleh APBN dan APBD. ‎Dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 900 milyar dan sisanya berasal dari Pemprop Papua.

‎Khusus untuk pembangunan jalur lintas Papua yang panjangnya 3985 kilomter, dana yang dialokasikan sebesar Rp 4 trilyun. Dana yang sebesar itu belum termasuk untuk membangun beberapa jembatan senilai Rp 1,5 trilyun.

Proyek raksasa yang dirancang sejak era SBY ini juga mencakup pe‎mbangunan perumahan dan sanitasi. Proyek yang masing senilai Rp 300 milyar dan Rp 400 milyar ini bagian dari program sejuta rumah yang dicanangkan pada akhir April lalu.

Tidak ketinggalan embangunan dan revitalisasi jaringan irigasi untuk meningkatkan produktifitas hasil pangan Papua. Dana yang pemerintah alokasikan untuk proyek ketahanan pangan ini adalah Rp 600 milyar. 

‎Pembangunan pelabuhan yang penting untuk bisa meningkatkan produktifitas hasil laut Papua juga turut dibangun. Pelabuhan akan dibangun di lahan seluas 7 ribu hektar persegi.

‎"Ini belum termasuk untuk proyek PON 2020 Papua," sambung Jokowi.





(LHE)

Ini Alasan Boaz Solossa Digantikan Evan Dimas
Indonesia vs Vietnam

Ini Alasan Boaz Solossa Digantikan Evan Dimas

4 hours Ago

Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl punya alasan khusus ketika menggantikan Boaz Solossa di p…

BERITA LAINNYA
Video /