Pembuat Selop Gibran Eksis Sejak 1952

Pythag Kurniati    •    09 Mei 2015 16:42 WIB
jokowi mantu
Pembuat Selop Gibran Eksis Sejak 1952
Selop pernikahan putra pertama Presiden Joko Widodo dibuat di Toko Bakti, Solo. Foto: Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Pernikahan putra pertama Presiden Joko Widodo digelar 11 Juni. Salah satu kebutuhan busana pengantin adat Jawa yang akan digunakan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda adalah selop atau alas kaki.

Toko Bakti di Jalan Honggowongso 117, Solo, Jawa Tengah, lah yang dipercaya keluarga Presiden Jokowi untuk pembuatan selop pasangan Gibran Rakabuming Raka serta Selvi Ananda.

Toko ini didirikan sejak 63 tahun silam oleh almarhum Darmo Sunarto. Cucu Darmo Sunarto, Sulistyo Wahyu Nugoho, 29, mengungkapkan, “Kita memang sejak awal home industry alas kaki, kita membuat alas kaki kostum perorangan dan kadang pesanan partai besar dari kantor atau sekolah.”

Tempat tersebut telah bertahan hingga tiga generasi. Hanya bermula dari sembilan karyawan, kini berkembang hingga 40 karyawan untuk mengerjakan pesanan pelanggan. Mereka mampu memproduksi 20-23 pasang sepatu.

Sulistyo menjelaskan usaha keluarganya itu menjaga kualitas dengan menggunakan bahan kulit sapi asli. Pembuatannya pun masih dengan cara tradisional.

“Selain itu, kita terima pesanan, itu yang membuat berbeda,” kata pria yang akrab disapa Tyo itu.

Pelanggannya, tidak hanya berasal dari Solo, tapi dari berbagai daerah di nusantara. Tak sedikit pejabat dan selebritis pernah memesan sepatu padanya, seperti mantan Presiden Soeharto, Cak Lontong, Darwis Triadi, Jujuk Srimulat, dan Mamik Srimulat.

 


(BOB)

Video /