Kinerja Menteri KKP Belum Signifikan Sejahterakan Nelayan

Dian Ihsan Siregar    •    09 Mei 2015 16:49 WIB
susi pudjiastuti
 Kinerja Menteri KKP Belum Signifikan Sejahterakan Nelayan
Nelayan (Foto: MI/Aries Munandar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kinerja Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memang positif, tapi dampaknya belum terlihat bagi kesejahteraan nelayan di Indonesia. Hal itu dikarenakan para nelayan belum mampu memaksimalkan sumber daya ikan yang ada di laut.

"Dari sisi lingkungan sudah bagus. Jika nelayan kita mampu maksimalkan sumber daya ikan yang ada di laut, laut kita yang selama ini dicuri nelayan asing, maka ilegal fishing bakal tertanggulangi dengan baik secara otomatis," ucap Ketua DPP PDI Perjuangan Rokhmin Dahuri, ditemui dalam diskusi Polemik Sindo Trijaya bertajuk Menanti Sabda Reshuffle di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (9/5/2015).

Rokhmin mengatakan, masalah ilegal fishing utamanya terletak pada aspek keamanan. Untuk itu, TNI dan Polisi harus terlibat dalam keamanan itu. Apalagi, hanya satu persen nelayan yang modern dan bisa bersaing dengan asing, sehingga tingkat kesejahteraan nelayan Indonesia masih sangat minim.

"Faktor utama yang harus ditingkatkan nelayan sejahtera adalah dengan cara punya kapal teknologi tinggi tapi tetap aman dengan lingkungan. Dengan itu maka akan tercapai (kesejahteraan para nelayan)," tuturnya.

Dengan kesejahteraan nelayan yang meningkat, maka daya saing nelayan dengan kapal asing tidak terkalahkan. Hal itu membuat ilegal fishing akan punah dan nelayan dalam negeri semakin sejahtera.


(ABD)

Antara Riedl, Indonesia dan Label <i>Runner Up</i>
Piala AFF 2016

Antara Riedl, Indonesia dan Label Runner Up

27 minutes Ago

Sebelumnya sempat ada perjanjian jika Riedl gagal membawa Indonesia juara AFF, kontrak tiga tah…

BERITA LAINNYA
Video /