DPD PDIP Jatim Optimis Menangkan 15 Daerah dalam Pilkada Serentak

Amaluddin    •    09 Mei 2015 17:34 WIB
pilkada serentak
DPD PDIP Jatim Optimis Menangkan 15 Daerah dalam Pilkada Serentak
Foto: Suasana uji kelayakan dan kepatutan bakal calon kepala daerah Jawa Timur yang akan diusung PDIP/MTVN_Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Timur menargetkan akan memenangkan 15 daerah di Jawa Timur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak. Pilkada serentak di Jawa Timur akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015.

"Dari 19 Kabupaten/kota di Jatim, kami menargetkan 15 daerah yang akan menang pada pilkada serentak. 7 daerah akan menjabat sebagai Kepala Daerah dan 8 daerah sebagai wakil kepala daerah," kata Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi, usai membuka uji kelayakan dan kepatutan bakal calon kepala daerah di kantor DPD PDIP Jatim, di Jalan Raya Kendangsari Industri, Nomor 57, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/5/2015).

Menurut Kusnadi sudah ada 11 daerah yang mendaftarkan diri untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di Jawa Timur. "Dari 19 Kabupaten/kota itu, ada 11 daerah yang mendaftar dan berkasnya sudah diserahkan ke DPD," katanya.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan ini, PDIP menggandeng Ikatan Psikolog Seluruh Indonesia (IPSI) untuk menilai bakal calon kepala daerah yang tepat. Pemilihan untuk kepala daerah yang akan diusung PDIP ini menggunakan tiga mekanisme yakni penjaringan, penyaringan, dan penyaringan akhir.

"Dalam penjaringan ada tiga kriteria diantaranya melalui DPC, DPD, dan DPP. Untuk penyaringan juga ada tiga kriteria yakni pemetaan internal, lembaga survei, dan pemberitaan media massa. Sedangkan untuk penyaringan akhir akan dinilai dari aspek kepribadian, leadership, kerja sama, dan perencanaan manajemen," pungkasnya.


(TTD)

Video /