Evaluasi Moyes ketika Membesut Real Sociedad

Kautsar Halim    •    09 Mei 2015 18:49 WIB
liga spanyol
Evaluasi Moyes ketika Membesut Real Sociedad
Pelatih Real Sociedad David Moyes (AFP PHOTO / ANDER GILLENEA)

Metrotvnews.com, San Sebastian: David Moyes membeberkan pengalamannya ketika membesut Real Sociedad beberapa bulan belakangan ini. Menurutnya, keputusan untuk meninggalkan Liga Primer Inggris ibarat sebuah perjudian dan ia masih harus beradaptasi lebih baik lagi di Liga Spanyol.  

Moyes merupakan sosok pelatih yang sukses membesut Everton selama sebelas tahun (2002-2013). Setelah itu dipilih mengasuh Manchester United hingga 2014 karena pelatih legendaris Setan Merah, Sir Alex Ferguson memutuskan pensiun.

Namun, kariernya bersama United tidak semanis ketika menangani Everton. Ia harus rela disalahkan atas keterpurukan United pada Liga Primer Inggris musim 2013--2014 karena Setan Merah finis di urutan ke tujuh dan gagal menjadi peserta Liga Champions maupun Liga Europa.

Mencoba bangkit dari kegagalan tersebut, Moyes pun memilih melanjutkan karier di Liga Spanyol bersama Real Sociedad. Namun, setelah enam bulan petualangannya di Negeri Matador tersebut, masih belum ada perkembangan signifikan yang didapat Sociedad. Sejauh ini, tim berjuluk Txuri-urdin tersebut hanya mampu bertengger di urutan 11 klasemen sementara La Liga. 

"Saya melihat sebuah potensi yang pantas untuk dikembangkan di sini (Real Sociedad). Hal itu memang masih perjudian, tapi saya melakukannya di saat yang tepat. Saya tidak hanya duduk-duduk saja dalam enam bulan terakhir ini. Saya memang ingin bekerja di luar negeri, harus belajar bahasa baru, dan  gaya sepak bola yang baru," ujar Moyes

"Saya pikir, menolak melatih di Liga Premier Inggris merupakan keputusan yang berani. Saya tidak akan benar-benar meninggalkan Everton jika bukan karena Manchester United," tambahnya.

Moyes resmi menjadi pelatih Real Sociedad sejak November tahun lalu. Sejauh ini ia sudah menangani 11 laga Sociedad dan masih ada tiga laga lanjutan lagi yang harus ditanganinya di La Liga musim ini. (soccerway)


(KAU)

Video /