Tiongkok Pangkas Suku Bunga Acuan Jadi 5,1%

Ade Hapsari Lestarini    •    10 Mei 2015 17:53 WIB
ekonomi china
Tiongkok Pangkas Suku Bunga Acuan Jadi 5,1%
Ilustrasi. FOTO: REUTERS

Metrotvnews.com, Beijing: Bank Sentral Tiongkok memangkas suku bunga pinjaman acuan sebesar 25 basis poin menjadi 5,1 persen pada hari ini. Pemangkasan tersebut merupakan penurunan ketiga sejak November, karena berusaha untuk menurunkan biaya pinjaman dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Bank Rakyat Tiongkok (PBOC) juga memangkas suku bunga deposito acuan satu tahun sebesar 25 basis poin. Demikian terungkap dalam sebuah pernyataan di situsnya. Adapun suku bunga ini berlaku efektif pada 11 Mei.

Bank sentral Tiongkok juga memaparkan jika langkah tersebut akan mendukung perkembangan yang sehat bagi ekonomi terbesar di Asia tersebut. Demikian seperti dilansir dari Reuters, Minggu (10/5/2015).

PBOC terakhir kali memangkas suku bunga pada 28 Februari, yakni menurunkan suku bunga kredit acuan satu tahun sebesar 25 basis poin menjadi 5,35 persen. Serta memotong suku bunga deposito acuan satu tahun sebesar 25 basis poin menjadi 2,5 persen.

Tiongkok meluncurkan skema untuk memastikan deposito bank dari 1 Mei, mengantarkan reformasi yang dinilai penting untuk membebaskan sektor perbankan yang sangat dilindungi.


(AHL)

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang
Jelang Manchester City vs Napoli

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang

10 hours Ago

Meski laga melawan City menjadi pertarungan penting, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis just…

BERITA LAINNYA
Video /