BKPMD: Perpanjangan Izin Tenaga Asing USD1.200/Tahun

Antara    •    10 Mei 2015 18:19 WIB
tenaga kerja
BKPMD: Perpanjangan Izin Tenaga Asing USD1.200/Tahun
Ilustrasi -- FOTO: MI/RAMDANI

Metrotvnews.com, Makassar: Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Sulsel H Irman Yasin Limpo mengatakan, perpanjangan izin bagi tenaga kerja asing dikenakan USD1.200 per tahun.

"Tenaga kerja asing itu bekerja baik di kantor pemerintah maupun swasta, berkewajiban membayar izin perpanjangan masa kerja dan tinggal di daerah ini," kata Irman di Makassar, Minggu (10/5/2015).

Dia mengatakan, perpanjangan izin tersebut dapat dilakukan di Kantor BKPMD Sulsel yang dilakukan dengan sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), sehingga akan lebih efisien baik dari segi waktu maupun biaya.

Menurut dia, pelayanan satu pintu di Kantor BKPMD itu untuk perpanjangan izin bagi tenaga kerja asing di Sulsel, juga diikuti dengan pembuatan izin tenaga kerja Indonesia ke luar negeri melalui BNPT2KI.

"Jadi ke depan, sistem data secara 'online' di kabupaten/kota itu dikirim ke provinsi dalam hal ini di Kantor BKPMD untuk selanjutnya diproses izinnya, termasuk masalah keimigrasiannya," katanya.

Hanya saja, diakui, hal itu masih membutuhkan proses, karena saat ini perizinan pembuatan paspor masih dilakukan di Kantor Imigrasi Kota Makassar dan Parepare.

Namun untuk jenis izin lainnya, sudah dapat dilakukan di Kantor BKPMD Sulsel seperti SITU, SIUUP, HO dan TDP dari 120 lebih jenis izin dari 20 sektor usaha. Sementara itu, salah seorang warga Sudiang, Makassar Rafidah mengatakan, sangat terbantu dengan adanya pelayanan satu atap itu.

"Tidak perlu lagi ke sana ke mari untuk mengurus izin usaha, sehingga bisa lebih hemat biaya dan waktu," kata ibu dari dua orang anak ini  yang memiliki usaha mobil kanvas (distributor) yang melayani warung eceran di sejumlah daerah di Sulsel.

Dia mengatakan, dengan adanya legalitas usaha yang kini dimilikinya, maka dapat mengembangkan usaha dengan mengajukan modal kerja pada pihak perbankan, yang selama ini terkendala mengakses bank, karena tidak memiliki izin usaha.


(AHL)

7 Sebab PSG Bisa Atasi Celtic dengan Mudah
Jelang PGS vs Celtic

7 Sebab PSG Bisa Atasi Celtic dengan Mudah

1 hour Ago

Paris Saint-Germain punya kans lebih besar untuk membantai wakil Skotlandia itu Parc des P…

BERITA LAINNYA
Video /