Kader Ingin SBY Bersihkan Loyalis Anas dari Demokrat

Amaluddin    •    10 Mei 2015 20:35 WIB
kongres partai demokrat
Kader Ingin SBY Bersihkan Loyalis Anas dari Demokrat
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono--Antara/Teresia May

Metrotvnews.com, Surabaya: Sekretaris Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan DPP Demokrat Farhan Effendi berharap Susilo Bambang Yudhoyono menjadikan Kongres IV Partai Demokrat sebagai ajang bersih-bersih. Terutama dari kader loyalis Anas Urbaningrum yang dituding pragmatis.

Suara lantang ini disuarakan Farhan Effendi saat deklarasi dukungan relawan Jaringan Nusantara (JN) kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua Umum Demokrat periode 2015-2020.

"Saya harap dalam kongres ini, menjadi momentum Demokrat untuk melakukan pembersihan dari kader-kader pragmatis dan korup. Termasuk Pembersihan orang-orang Anas. Kalau semata-mata kekuasaan lebih baik minggir dari PD," ujar Farhan dalam deklarasi 'SBY, Selamatkan Partai Demokrat dari Para Koruptor dan Antek-Anteknya' di Hotel Satelit Surabaya, Minggu (10/5/2015).

Politikus Demokrat asal Lamongan ini menegaskan, SBY sebagai Ketua Umum harus melakukan penyegaran di tubuh struktur partai untuk mewujudkan cita-cita Demokrat. Salah satunya dengan membersihkan dari kader-kader yang hanya mementingkan kekuasaan.

Farhan mengklaim SBY sebagai satu-satunya yang disetujui DPC dan DPD se-Indonesia untuk menjadi Ketua Umum Demokrat. Panitia Steering Committee Kongres IV Demokrat ini juga berharap SBY mengutamakan kader muda berkredibilitas baik dan loyal.

"Saya juga berharap kepada SBY, memberikan tempat kepada tokoh-tokoh muda Demokrat. Tentunya yang memiliki kredibilitas baik dan loyal," kata pria yang juga ikut mencalonkan Kepala Daerah di Lamongan Jawa Timur ini.

Dia juga pesimistik wacana I Gede Pasek Suardika dan Marzuki Alie untuk maju sebagai calon Ketua Umum dapat terealisasi. Dalam Kongres yang berlangsung mulai 11 hinga 13 Mei 2015 besok.  Dia yakin SBY sebagai akan terpilih kembali jadi ketua umum secara aklamasi.

"Pemilihan ini nanti aklamasi. Karena semua utusan yang memiliki hak suara mayoritas sudah bulat ke Pak SBY," katanya.

Jaringan Nusantara terdiri dari tokoh-tokoh muda eks-gerakan 98 yang menginginkan SBY memimpin Demokrat. Mereka percaya kepemimpinan SBY pneting untuk membenahi dan mempersatukan partai.


(SUR)

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang
Jelang Manchester City vs Napoli

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang

10 hours Ago

Meski laga melawan City menjadi pertarungan penting, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis just…

BERITA LAINNYA
Video /