Sanksi Rp100 Juta Bagi Pemain Menolak Panggilan

- 21 Januari 2013 20:46 wib
<p>Antara</p>

Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Disiplin PSSI menjatuhkan sanksi untuk para pemain yang menolak panggilan tim nasional karena berbagai alasan.

Sanksi tersebut berupa denda Rp100 juta dan larangan berkiprah di persepakbolaan Indonesia selama enam bulan.

Dalam surat bernomor 01/KEP/KD/TIMNAS/I-13 tertanggal 21 Januari 2013 itu, terdapat 22 pemain yang dikenai sanksi oleh PSSI dan semua bermain di Indonesia Super League (ISL). Mereka dinilai bertingkah laku buruk dengan menolak pemanggilan untuk bergabung dalam pemusatan latihan timnas demi persiapan Pra Piala Asia 2015.

"PSSI menghukum nama-nama tersebut berupa larangan beraktivitas dalam kegiatan sepak bola selama 6 bulan terhitung putusan ini serta denda Rp 100 juta yang ditransfer ke rekening PSSI," kata anggota Komdis PSSI Imran Zuhri Putra dalam keterangan pers, kemarin.

Ke-22 pemain tersebut ialah Fachrudin, Busari (Madura United), M. Roby (Persisam), Zulkifli Syukur, Bustomi (Mitra Kukar), I Made Wirawan, Atep, M. Ridwan (Persib), Tantan (Sriwijaya FC), Syamsul Arif (Persela), Jailani Sibi, Ronald Setmop (Persidadon), Victor Igbonefo, Greg Nwokolo, Irfan Raditya (Arema ISL), Boaz dan Ortizan Solossa, Ricardo Salampessy, Patrich dan Immanuele Wanggai, Ian Kabes, Lukas Mandowen (Persipura).

Ia menambahkan PSSI mengambil keputusan ini berdasarkan beberapa pertimbangan. Di antaranya ialah keterangan Sekretaris Jenderal PSSI Halim Mahfudz bahwa PSSI telah mengirim dua kali surat panggilan pemain ke timnas, begitu pula surat panggilan investigasi tentang penolakan mereka bergabung ke skuat Garuda.

Komdis pun menyatakan memberi waktu hingga dua pekan ke depan bagi mereka yang ingin banding atas keputusan ini. Meskipun demikian, keputusan ini tampaknya kembali tidak akan digubris oleh para pemain karena mereka dari jauh-jauh hari menyerahkan hal ini ke manajemen klub sedangkan manajemen klub sudah tidak mengakui PSSI.

"Situasi sepak bola Indonesia sedang tidak baik, kami menyerahkan soal sanksi ini kepada manajemen yang menaungi kami," ujar pemain Persipura Boaz Solossa beberapa waktu lalu. (Asni Harismi/X-13)

()

INGGRIS
ITALIA
JERMAN
CHAMPIONS
INDONESIA

Siapa Mau Jadi Menteri (7)

20 Agustus 2014 22:39 wib

Mata Najwa, Rabu (120/08/2014): Mata Najwa episode kali ini membahas tema 'Siapa Mau Jadi Menteri'. Hadir di Mata Najwa kali ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Menteri BUMN Dahlan Iskan.