Nepal Minta RI Beroperasi di Area Bencana Selama Tiga Bulan

Willy Haryono    •    11 Mei 2015 17:47 WIB
gempa nepal
Nepal Minta RI Beroperasi di Area Bencana Selama Tiga Bulan
Warga Nepal menjual bunga di depan sebuah kuil yang hancur akibat gempa 7,8 SR di Kathmandu, Nepal, Minggu (10/5/2015) -- AFP / PHILIPPE LOPEZ

Metrotvnews.com, Jakarta: Proses pencarian dan penyelamatan korban gempa bumi di Nepal berlanjut. Dari banyak negara yang membantu korban gempa, Indonesia dipandang Nepal sebagai pihak yang mampu menyediakan bantuan dengan baik dan efisien. 

"Ada permintaan agar rumah sakit lapangan kita diteruskan sampai tiga bulan," kata Wakil Menteri Luar Negeri A.M Fachir di Gedung Nusantara, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (11/5/2015).

Namun, Menlu Retno Marsudi belum mau memastikan apakah RS lapangan di Nepal dapat bertahan selama tiga bulan ke depan. Menurut Fachir, hal tersebut menyangkut logistik, seperti obat-obatan dan peralatan medis lainnya.

"Akan kita lihat nanti, karena itu juga menyangkut logistik dan sebagainya. Namun misi penyelamatan terus dilakukan, meskipun kita tahu itu tidak gampang karena lapangannya memerlukan keahlian," jelas dia.

Berdasarkan data terakhir Pusat Operasi Darurat Nasional Nepal, jumlah korban tewas gempa bumi 7,8 Skala Richter (SR) di Nepal pada 25 April lalu sudah mencapai 8.019 jiwa. 

Sejauh ini, terdapat pula 17.866 korban luka dan 366 lainnya masih dinyatakan hilang. 


(WIL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /