Kopi Joss, Minuman Berkhasiat Khas Yogyakarta

Ahmad Mustaqim    •    11 Mei 2015 18:01 WIB
kuliner
Kopi Joss, Minuman Berkhasiat Khas Yogyakarta
Kopi joss dan nasi angkringan Lek Man. (Foto:Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Berkunjung ke Yogyakarta, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kulinernya. Salah satu kuliner yang layak Anda coba yakni kopi joss.

Terletak di jantung Kota Pelajar, tepatnya di utara Stasiun Tugu Yogyakarta, angkringan kopi joss "Lek Man" mulai ramai tatkala mentari mulai temaram. Lalu lalang kendaraan tak mengalahkan kenyamanan para pengunjung angkringan ini. Ya, angkringan ini terletak di pinggir jalan yang ramai dengan kendaraan bermotor.

Angkringan Lek Man ini menyuguhkan menu andalan kopi joss. Berdiri sejak 1996, wajar saja kalau hingga kini mereka sudah memiliki banyak pelanggan setia.

"Saya meneruskan usaha kakek. Saya jadi generasi ketiga dari pak Man," kata Rachmad, 41, sang pemilik angkringan kepada Metrotvnews.com.


(Kopi joss/foto:myhotelmyresort)

Kopi joss yang disajikan angkringan "Lek Man" begitu sedap. Rachmad mengatakan, cara membuat kopi joss cukup mudah. Kopi tubruk yang telah diseduh di dalam gelas kemudian diberi bara api. Bara api tersebut berasal dari kayu asam atau kayu jati.

Dengan bara, kata dia, bisa menambah lama panas kopi sampai setengah jam. Ia juga mengatakan, kopi joss memiliki manfaat untuk kesehatan. Pada 2003 silam, seorang dosen dari Universitas Gadjah Mada (UGM) meneliti khasiat kopi itu.

Hasilnya, bara api tak memiliki dampak buruk. Bahkan, bara api itu bisa menyerap kandungan kafein dalam kopi. "Bisa juga untuk menyembuhkan kembung sama masuk angin," ungkapnya.

Kini, area di sekitar angkringan "Lek Man" telah berjajar sekitar 20 angkringan."Ada pelanggan saya yang dari Itali sama Belanda," jelasnya.

Anda bisa memilih ingin menikmati kopi joss di angkringan "Lek Man" atau yang lain. Selain kopi joss, ada pula banyak pilihan menu angkringan pada umumnya seperti nasi kucing, nasi sambal teri, berbagai jenis sate dan juga minuman.

"Enak kalau nongkrong di sini waktu malam. Banyak pilihan. Bisa ramai-ramai sama temen sambil ngopi," kata salah seorang pengunjung bernama Riski, mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta itu.


(LOV)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /