Jokowi Belum Setujui Impor Beras Jelang Ramadhan

Desi Angriani    •    11 Mei 2015 18:23 WIB
beras
Jokowi Belum Setujui Impor Beras Jelang Ramadhan
Presiden Jokowi--Antara/Widodo S Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan Presiden Joko Widodo belum menyetujui izin impor beras yang tengah disiapkan Kementerian Perdagangan jelang Ramadhan ini.

"Belum, belum, belum," kata Andi di Auditorium Gedung III Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (11/5/2015) petang.

Menurutnya, stok beras sebelum puasa dan lebaran Idul Fitri masih dalam taraf aman. Sebab, sejumlah wilayah masih melakukan panen raya.

"Karena sekarang masih proses panen raya jadi laporannya terus menerus diupdate,"

Untuk itu, pengadaan beras dari luar negeri, lanjut dia, baru akan disetujui setelah mengetahui stok beras di akhir bulan ini.

"Kira-kira nanti sampai akhir bulan ini untuk tahu ketersediaan stok untuk mengantisipasi puasa dan lebaran," katanya.

Andi menegaskan Presiden masih kukuh dengan komitmennya untuk tidak mengimpor beras. Salah satunya tertera dalam Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2015. Isinya kebijakan impor beras dikeluarkan untuk menjaga ketersediaan beras.

"Sampai hari ini kebijakannya tidak impor beras. Kalau ada keharusan maka pasti membutuhkan pertimbangan yang sangat dalam dan serius yang disampaikan oleh Bulog dan Kementerian Perdagangan atau ekonomi," pungkas dia.

Kamis (7/5/2015), Menteri Perdangangan Rachmat Gobel menemui Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan guna membahas impor beras mengantisipasi naiknya harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Luhut mengatakan Kementerian perdagangan siap mengeluarkan izin impor beras dengan alasan ketersediaan beras dalam negeri tidak mencukupi. "Kemendag sudah siap untuk mengeluarkan izin impor kepada bulog," jelas Luhut.
 


(UWA)

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang
Jelang Manchester City vs Napoli

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang

6 hours Ago

Meski laga melawan City menjadi pertarungan penting, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis just…

BERITA LAINNYA
Video /