Bahas Harga Bahan Pokok, Deputi BI Sambangi Kantor 'Banteng'

Suci Sedya Utami    •    11 Mei 2015 18:58 WIB
bahan pokok
Bahas Harga Bahan Pokok, Deputi BI Sambangi Kantor 'Banteng'
Deputi Bank Indonesia (BI) Juda Agung. FOTO: MI/ADAM DWI

Metrotvnews.com, Jakarta: Deputi Bank Indonesia (BI) Juda Agung mendatangi Kantor Menko Perekonomian Sofyan Djalill guna melaporkan tren harga barang bahan pokok yang cenderung mengalami peningkatan menjelang puasa dan Lebaran, di samping melaporkan persiapan rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

"Ya itu bagian dari koordinasi, apalagi menjelang Lebaran itu menjadi concern dalam mengendalikan inflasi," kata Juda di kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (11/5/2015).

Juda menjelaskan, TPID secara rutin selalu mengadakan pertemuan untuk membahas mengenai harga-harga yang dikendalikan pemerintah (administered price). Selain itu juga tim ini selalu memantau bagaimana mengendalikan harga pangan yang biasanya mempengaruhi pergerakan inflasi.

"Iya risiko utama adalah dari harga pangan," ucap dia.

Dirinya menjelaskan, pihaknya dan pemerintah selalu berupaya untuk mengendalikan dan menjaga agar harga pangan tetap stabil. Semua opsi, ujar Juda, baik jangka pendek, panjang, dan menengah pun sudah dipikirkan. Misalnya saja untuk jangka menengah seperti ketersediaan lahan, alih fungsi, dan lainnya.

"Jadi kalau bicara harga pangan itu terkait dengan infarstruktur pangan, kemudian tata niaga pangan, dan mengenai stok pangan yang institusional dari bagaimana mengendalikan stabilitas harga pangan, termasuk peran Bulog dan sebagainya, itu dibahas," terangnya.

Meskipun demikian, dia mengakui jika dilihat dari sisi inflasi inti maupun administered yang berkurang dan diprediksi penurunannya hingga akhir tahun. Namun, risiko mengenai harga pangan terus dikendalikan walau polanya musiman.

"Ini kan biasanya naik, tapi ini seasonal ya. Kami perkirakan sampai akhir tahun berada di angka 4-4,1 persen, jadi masih dalam range target BI (4 plus minus satu persen)," pungkasnya.


(AHL)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

29 minutes Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /