SBY Pertanyakan Tujuan Kaukus Penyelamat Partai Demokrat

M Rodhi Aulia    •    12 Mei 2015 07:31 WIB
kongres partai demokrat
SBY Pertanyakan Tujuan Kaukus Penyelamat Partai Demokrat
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono/ANT/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengetahui geliat sejumlah mantan Ketua DPC Partai Demokrat yang tergabung di dalam kaukus penyelamat partai. SBY menilai mereka salah kaprah dalam menempuh jalan.

"Saya juga mengikuti. Saya bisa bertanya kepada Kaukus Penyelamat Partai Demokrat. Apa yang mau diselamatkan? Ada apa dan siapa yang akan menyelamatkan? Siapa mereka-mereka itu kok merasa bertangggungjawab menyelamatkan Partai Demokrat," kata SBY dalam dialog Suara Demokrat yang diunggah di YouTube, baru-baru ini.

Berbeda halnya, jika Kaukus ini terbentuk pada awal 2013 lalu. Kala itu, Partai Demokrat tengah dihantam badai lantaran sejumlah petingginya terseret kasus korupsi. Lebih lanjut, SBY menjelaskan, jika Kaukus terbentuk lantaran kekecewaan yang memuncak setelah dipecat, SBY pun tak habis pikir.

"Menjadi kurang relevan dan tidak masuk akal, kalau harus ada penyelamat Partai Demokrat sekarang," tegas mantan orang pertama di negeri ini.

SBY membantah pihaknya memecat lebih dari 150 Ketua DPC. Menurut dia, selama lima tahun terakhir, hanya sekira 80 orang yang di-Plt-kan.

"Saya mempunyai data dari direktur eksekutif, ketua harian dan dewan kehormatan. Sebagian (karena) meninggal dunia, mengundurkan diri, pindah partai, jadi tersangka kasus hukum," terang SBY.

Dari 80 Ketua DPC yang dicopot, pihaknya meninjau ulang pemecatan ketua sebanyak 11 orang. Sebab, dari hasil penelitian, proses pemecatan itu diduga kuat memiliki persoalan. Pihaknya siap memulihkan jika terbukti ada kesalahan prosedur. Meski demikian, SBY tidak merinci kesebelas orang tersebut.

Seperti diketahui, pendiri Kaukus terdiri dari sejumlah mantan Ketua DPC yang sebagian besar berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Mereka menuntut agar hak politik dikembalikan, dan memberikan ultimatum hingga pembukaan kongres di Surabaya, malam ini, Selasa, 12 Mei.

"Kami hanya ingin hak-hak kami dipenuhi, karena Plt kepada kami itu tidak sah. Kalau tidak dipenuhi kami akan membuat kongres tandingan," ancam Basuki, mewakili DPC-DPC yang diberhentikan Syarief Hasan, saat jumpa pers di Mal Sutos, Surabaya, Minggu, 10 Mei malam.


(OJE)

Shaqiri Tepis Rumor Pindah ke Roma
Isu Bursa Transfer Pemain

Shaqiri Tepis Rumor Pindah ke Roma

8 hours Ago

Mendengar kabar ketertarikan AS Roma, Shaqiri mencoba untuk menjawab dengan santai. Ia mengaku …

BERITA LAINNYA
Video /