Taliban Bersikukuh Tembak Jatuh Helikopter di Pakistan

Willy Haryono    •    12 Mei 2015 10:47 WIB
kecelakaan helikopter
Taliban Bersikukuh Tembak Jatuh Helikopter di Pakistan
Lokasi kecelakaan helikopter di Lembah Naltar, Gilgit Baltistan, Pakistan, 8 Mei 2015 -- AFP / PIAR ALI

Metrotvnews.com, Islamabad: Grup militan Taliban Pakistan bersikukuh telah menembak jatuh helikopter berisi sejumlah duta besar di pegunungan Gilgit-Baltistan, sekitar 300 kilometer sebelah utara Pakistan, pada 8 Mei 2015.

Untuk menegaskan klaimnya, Taliban merilis sebuah video terkait penembakan helikopter. "Misil mengenai baling-baling di ekor helikopter," tulis sebuah pesan di awal video, seperti dikutip Al-Jazeera, Senin (11/5/2015). Keaslian video belum dapat diverifikasi. 

Jatuhnya helikopter menewaskan tujuh orang: Duta Besar Pakistan dari Filipina dan Norwegia, istri Dubes Malaysia dan Indonesia, dan juga tiga kru Pakistan. Sebanyak 12 penumpang lainnya, sebagian besarnya diplomat, terluka. 

Menteri Luar Negeri Pakistan Aizaz Ahmad Chaudhry menegaskan jatuhnya helikopter di Gilgit-Baltistan murni kecelakaan yang diakibatkan kerusakan teknis. 

"Tidak ada keterlibatan teroris dan helikopter jatuh karena kerusakan teknis," ujar Chaudhry.

"Klaim Taliban (yang mengaku telah menembak helikopter) adalah sebuah kebohongan besar, karena keamanan sangat ketat. Ini murni kerusakan teknis," lanjutnya.

Dalam pernyataan lanjutan, Taliban menegaskan kembali bahwa misil telah mengenai bagian ekor, sehingga helikopter itu tidak langsung hancur di udara.  

"Tidak peduli apakah pemerintah Pakistan menerima (pernyataan kami) atau tidak. Kami akan melancarkan lebih banyak serangan."



(WIL)

Conte Merasa Mourinho Belum Bisa <i>Move On</i> dari Chelsea
Krisis Chelsea

Conte Merasa Mourinho Belum Bisa Move On dari Chelsea

2 hours Ago

Ada baiknya menurut Conte agar Mourinho lebih fokus memikirkan United.…

BERITA LAINNYA
Video /